pembuatan paspor bazyl

Dalam rangka buat ngelengkapin dokumen. kita bikin passpornya bazyl. awalnya mau buat after lebaran aja. tapi kita putusin dipercepat.. biar gak ribet n gak buru2.

setelah browsing sana-i nyari2 berbagai macam informasi, kita putusin untuk ngurus sendiri tanpa “agent” kita lewat jalur layanan paspor online. pikir bakal lebih praktis. kumpulin dokumen2 pelengkap, sperti :

  1. KTP orang tua ( foto kopi + berkas asli )
  2. Buku nikah/Akta nikah ( foto kopi + berkas asli )
  3. Akta kelahiran orang tua bisa juga ijazah orang tua ( foto kopi + berkas asli )
  4. Kartu Keluarga ( foto kopi + berkas asli )
  5. Paspor orang tua halaman depan dan belakang  ( foto kopi + berkas asli )

setelah semua dokumen terkumpul, di scan dengan format image jpeg. dan ukuran gak boleh lebih dari 2mb.ntar after slesei isi kolom2 di web nya, cetak tanda terima pra permohonannya. pilih yg 48 halaman ya jgn yang 24 halaman karena sudah gak berlaku lagi, katanya sie itu hanya khusus buat TKI ( sayangnya gak ada informasi detail di web jd jangan sampai salah ya, karena klo salah otomatis balik lagi prosesnya dari awal ) oya jangan lupa buat pilih kantor imigrasi mana yg dituju aka KANIM. klo gak salah sie buat layanan online baru ada di Kanim jakarta timur dan utara saja.
untuk biaya administrasinya paspor 200rb + foto 50rb = 250rb 

setelah dapat jadwal buat foto dan wawancara which is tgl 22 kmren datanglah gue ke Kanim jakarta timur bersama bazyl. awalnya ngantri buat no antrian online.selesei prosesnya udah siang banget.

niat awalnya gue pengeennnn banget nulis disini pengelaman proses mulai dari ngantri – bayar – ngantri (lagi) – foto – wawancara. selama proses tsb gue dapat perlakuan yang gak ngenakin .  perlakuan disini yaitu omongan yang gak enak. pelayanan buruk buat bayi atau anak dibawah umur 5th. seharsnya ada line tersendiri. cuma daripada daripada lah. better off the record. yang penting besok pagi gue harus ke sana lagi buat ambil paspornya bazyl.

dipikir sie jalur online ini ngebantu banget buat paspor bayi, yah taunya worse! sama ajalah… 😦

Advertisements

2 thoughts on “pembuatan paspor bazyl

  1. iya ya kalo gak ada line khusus buat yang bawa bayi/anak sih ribet ya. :(dulu sih pas andrew masih bayi, kita pake agent bikin passportnya. jadi kita nunggunya di mobil. sampe giliran foto baru dipanggilin ama agentnya baru kita turun. πŸ˜€

  2. Bangetttt man, anak disebelah bazyl lebih kesian lagi. Cuma bawa susu satu bool doang. Nangis2 bete keausan mau nyusu. Mana mrek rumah jauhh. Akhirnya yg pd punya bayi n anak kecil minta duluan hihihihihi

Comments are closed.