( Resep ) Ayam bakar bumbu matah

 Back to postingan resep dulu ya..kali ini Ayam Bakar bumbu matah. its so simple to make !! ^^

Bahan Ayam bakar :
  • Paha atas ayam atau bisa juga dada ayam atau bisa juga pake fillet dada ayam. mana yang enak aja
  • Bawang putih, haluskan ( disesuaikan saja dengan jumlah ayamnya yaa )
  • 2cm jahe, haluskan ( disesuaikan saja degan jumlah ayamnya )
  • garam secukupnya
  • merica bubuk
  • kecap manis 
  • margarin
  • minyakwijen

Cara membuat :

  • lumuri ayam yang sudap dibersihkan dengan bawang putih, jahe,garam, merica, kecap manis (sedikit saja ) dan minyak wijen. biarkan selama setengah jam atau lebih. klo gue didiamin didalam kulkas selama 1 jam. biar bener2 meresap segala bumbunya 🙂
  • 1 jam kemudian…bakar ayam sesekali dibalik dan dioleskan margarin dan sedikitkecap hingga matang. angkat. diamkan terlebih dahulu.

Bahan Bumbu Matah :

  • Bawang merah, iris tipis tapi jangn ketipisan ya. tipis bulat gitu.belum ngerti juga?? Google makk !!
  • serai, ambil bagian putihnya lalu iris bulat tipis juga 
  • cabe rawit atau cabe merah, iris bulat tipis 
  • daun jeruk secukupnya
  • terasi bakar secukupnya, nah klo ini tergantung selera ya. gue bisa pake satu ukuran terasi yang sasetan itu. biar mantap wanginya hihihi
  • garam secukupnya
  • gula secukupnya
  • minyak goreng 2-3 sendok makan
  • 1 buah jeruk nipis, amnil airnya aja aka diperas 
  •  

 Cara membuat :

  • campur semua bahan yang telah diiris bulat tipis tersebut kedalam mangkuk , tambahkan terasi yang sudah dibakar terlebih dahulu, lalu aduk. kemudian tambahkan garam, gula dan minyak panas. aduk2 semua hingga rata. terakhir tuang perasan air jeruk nipisnya. secukupnya saja gak perlu satu jeruk nipis ntar keasaman situ sakit perut pula. refot!

Dan terakhir, letakan ayam diatas piring klo gue ditambah diatasnya rebusan sayur kangkung ( biar lengkap ada sayurnya juga dong ) siram bumbu matah diatas ayam . hidangkan dengan nasi panas.

Yumza !! ^^

Advertisements

2 thoughts on “( Resep ) Ayam bakar bumbu matah

  1. hurayyyy sudah ada yg baru lagi :)kamu belajar dari mana Nis?? *penasaran*ini resep cakalang yaaPampis Ikan Tongkol Super PedasResep hasil modifikasi sendiriBahan & bumbu:- 1 ekor ikan tongkol berat 1 1/2 kg – 5 lembar daun jeruk purut, rajang halus- 1 lembar daun pandan, rajang halus- 1 lembar daun kunyit, rajang halus- 3 batang daun bawang, rajang halus- 2 sendok makan minyak untuk menumisBumbu yang dihaluskan:- 15 buah cabai merah keriting- 5 buah cabai rawit merah- 2 batang serai, ambil bagian putihnya- 7 butir bawang merah- 5 butir bawang putih- 3 cm jahe- 2 cm kunyitBumbu lainnya:- 2 sendok teh garam- 1 1/2 sendok teh gula pasir- 1 sendok teh kaldu bubuk (optional)Siapkan ikan tongkol, siangi dan cuci bersih. Jika ikan terlalu besar potong menjadi dua bagian. Lumuri permukaannya dengan 1/2 sendok makan garam dan 1 sendok makan air jeruk nipis. Masukkan ke kukusan, kukus selama 35 menit sampai ikan matang, cek bagian tengahnya dengan menusuknya dengan garpu. Jika masih terlihat kemerahan kukus kembali. Biarkan ikan hingga dingin, suwir-suwir ikan menjadi serpihan kecil. Buang durinya. Sisihkan.Siapkan wajan, panaskan 2 sendok makan minyak. Tumis bumbu halus sampai harum dan matang, masukkan daun pandan, daun kunyit dan daun jeruk purut. Aduk rata. Masukkan ikan tongkol, aduk sampai bumbu tercampur merata dengan ikan. Tambahkan garam, gula dan kaldu bubuk, aduk rata dan cicipi rasanya. Masak sampai ikan menjadi kering, tambahkan daun bawang, aduk rata dan masak sampai daun bawang layu dan matang.

  2. Ehh… ada yang ngeblog disini rupanya … gak punya lapak bu? Kan daku juga pengen tuh baca resepnya 😦 huuuu…Btw resep Nisa bakal aku praktekin ASAP!

Comments are closed.