Dismenore ( nyeri haid ) & kista endometriosis

 

IMG_7508_Fotor

Postingannya masih ngebahas seputar mesntruasi nih ya hehehe. gak kok kali ini bukan postingan alay lebay ngambek ke suami (gegara PMS) tetapi mau sharing pengalaman tentang dismenore yang pernah gue alamin  sampai  divonis  terkena kista beberapa tahun lalu 🙂 gue lupa banget apa dulu pernah gue share diblog ini apa blog gue sebelumnya soalnya dari tadi gue search gak ketemu. so kalau emang udah pernah baca yowes baca lagi aja ya :p sebelum mulai cerita gue garis bawahi dulu ini semua berdasarkan apa yang gue alamin ya. jadi penangananya bisa juga berbeda dengan orang2 yang pernah punya pengalaman yang sama.

Awal gue dapat menstruasi itu diumur 12th.termasuk cepat dibandingin sepupu2 gue lainya. trus dikarenakan gue pada saat itu tinggal dengan eyang gue jadi..keesokan harinya begitu bangun mau mandi di bath up udah penuh dengan bunga2 kaya mau siraman ala2 penganten gitu. dah ketebak lah ya disuru mandi pake air bunga dan siangnya si eyang heboh nyuru mba dan mbok dirumah nyiapin bubur merah dan putih ( alasanya buat selamatan gue karena dah jadi anak gadis biar selamat terus gak kenapa2,sehat2 dan dilindungin sama Gusti Allah ) aminn eyang ..aminn 🙂

dan seterusnya menstruasi gue yah normal2 aja gak yang gimana2 oh palingan diawal2 sempat gak teratur dan maju mundur gitulah. keluhan2 sakit perut haid masih normalah ya. masih bisa gue handle. pokoe semua normal2 aja sampai pas ketika gue dah kerja mulai deh pms nya agak2 cranky gitu ,mungkin bawaan stress dikerjaan , dipercintaan (lhooo dibawa2 deh) lah iyaa bener kok apalagi klo lagi jomblo makin drama deh pms nya ahahahaha,lifestyle juga, yah banyak faktor deh. awalnya si yauda deh kalau mulai deket2 jadwal mens gue dah mulai lemes, gak mood dan sensitif ( yah sampai sekarang itu sik :p ) nah mulai deh gue ngerasain si nyeri haid ini yang sakit banget. awalnya yaudah gue cuma bisa tahan2 doang or paling nyokap or eyang suka ngingetin buat minum jamu gitu.kaya kunyit asem campur kencur dan entah dari manalah si eyang gue pernah kucuk2 datang kekamar bawain  jamu dari temenya yang rasanya ampun dijeee gak enak bener. dan hasilnya ya podo wae tetep sakit! terus mulailah gue konsumsi painkiller dan seterusnya. tiap mens datang dan sakit kebangetan painkiller sebagai pengobat rindu eh pengobat si dismenore ini.

sampai kisaran th 2008-an gitu menstruasi gue itu kaya makin mengkhawatirkan. iyaa tiap kali datang gue ngerasa miserable banget. udahlah pmsnya lebay ditambah pas datang bulan makin menjadi2. sakit..iya sakit banget.tapi gak sampai sakit jiwa juga ya.sakitnya itu mulai dari perut bagian bawah pinggang dan vagina. duh gak nyaman banget. awalnya gue si cuek aja tetep konsumsi painkiller. ilang si tapi beberapa jam kemudian ya timbul lagi dan kalau udah kaya gitu gue cuma pengen diem aja,rebahan dikasur dan gak diganggu.kalau gak asbak bisa melayang.

untungnya dulu dikantor gue itu bisa request cuti mens atau kalau emang gak kuat boleh ijin pulang. yah gue manfaatin lah . kalau dah gak kuat dikantor biasanya gue ijin pulang dan besoknya cuti gak masuk ( beneran buat bedrest ya gak bisa ngapa2in juga kok ) toh bos gue ngerti banget sama kondisi gue saat itu.dan semakin lama menstruasi gue makin parah..udahlah sakit banget kadang sampai meriang gitu (kedinginan) kleyengan trus gue terkadang mens cuma sebentar 3hran aja itu juga keluarnya gak banyak.  kepala pusing,kleyengan dan muntah..iya gue muntah dan pernah hampir pingsan. ih kalau ingat2 saat itu gak nyaman banget  😦

akhirnya nyokap ngeliat kondisi gue yang makin mengkhawatirkan, maksa gue buat cek ke obgyn. so ke obgynlah gue bareng nyokap. tadinya nyokap mau bawa ke obgyn langganan keluarga tapi gue gakmau..gue maunya dokter cewe. akhirnya kita ke RS OMC Pulo Mas. (nama dokternya gue lupa, harap maklum ya)  pas dicek di usg lewat perut gue, terlihat ada 1 kista di saluran indung telur aka tuba fallopi sebelah kanan gue. si dokter nyaranin ini harus segera diangkat melalui operasi kecil metodenya menggunakan laparoskopi  dan afternya terapi hormon. gue yang dengernya langsung lemes, kaget dan sedih yang dipikiran gue takutnya gue ntar gak bisa hamillah takut ina dan itu.pokoe pikiran kalut. trus nyokap bawa gue ke dokter lain minta second opinion . yang kedua ini gue ke dokter di rs hermina jatinegara ( nama dokternya gue lupa juga ) nah didokter ini si dokter melakukan pemeriksaanya menggunakan usg tapi bukan diperut ataupun vagina melainkan melalui anus.katanya biar lebih jelas. gue berharap si semoga dokter yang pertama salah liat. tapi dokter ke dua juga bilang kalau gue ada kista dan ada 2 kista di fallopi gue. nambah syok dong. si dokter kedua nyaranin buat terapi hormon dulu dilihat selama 2 – 3 bulan kalau tidak mengecil baru operasi dengan metode laparoskopi. makin sedih dengernya..suerr!! divonis kista,  taunya ada 2. speechless aja. dan akhirnya obat yang diresepin ke gue ditebus dan disuru nyokap minum. nah bokap kekeuh minta gue datang ke dokter langganan keluarga yang dimana dokter ini yang bakal jadi obgyn gue seterusnya. alasannya ini dokter udah senior, jam terbang tinggi dan sudah kenal baik dan deket dengan keluarga. so bokap yakin kalau dia pasti bisa ngasih solusi yang terbaik. dengan berbekal history medical dari 2 dokter sebelumnya plus gue ceritalah kondisi gue kalau lagi menstruasi itu gimana. dan dicek usg via perut dan dubur eh anus (lageee) gak nyaman bok. si dokter tsb bilang kalau iya gue ada kista. tapi bukan 2 kista melainkan lebih dari 2 kista. gue dengernya makin mau jatuh ajalah dari kursi. lemes dan syok!! dan dokter ini bilang gak bisa melalui laparoskopi tapi harus dengan operasi besar aka laparotomi. karena dia mau lihat saluran indung gue yang sebelahnya dan area rahim sekitarnya takutnya ada kista tersembunyi (dan sudah ada yang terinfeksi)yang tidak terlihat melalui usg.obat dari dokter sebelumnya disuru stop karena obat itu ada efek buat memperlambat menstruasi ( gue lupa lagi nama obatnya apaan)

akhirnya dengan persetujuan gue dan nyokap bokap,dijadwalin buat operasi. ohya gue operasi di RS Premiere Int jatinegara. karena operasi besar otomatis biaya juga besar. pada saat itu biaya operasi dan perawatan serta obat2an slama di rumah sakit 3hr-an gue ambil kamar vip kisaran 30jt-an.( th 2008) itu belum termasuk biaya konsul after keluar rs dan sebelum2nya ya. gue gak tau deh kalau sekarang berapa. just share aja ya bukan mau nunjukin besar rupiahnya dll.

ok back ke ceerita,gue dah pasrah ajalah just pengen semua cepet berlalu dan kembali sehat. big day nya, yah gue dibius total namanya juga operasi besar . perut bagian bawah dibelek2. kata nyokap operasi gue berlangsung kisaran 4jam-an. ternyata setelah dicek kista gue ada lebih dari 3 tapi yang besar memang yang ada di fallopi kanan dan sudah hampir pecah dan hitam. kalau sudah pecah itu bisa bahaya dan bisa dipotong atau dibuang. dan sisanya ukuran kecil gak lebih dari 3 cm. letaknya menyebar.dan dokter juga cek kearea rahim dan sekitar sembari dicek semua hingga  bersih.untung banget dengan pilihan metode laparotomi ini jadi semua kelihatan dan bisa dicek jelas. walau ya gitu deh rasanya setelah operasi gak enak banget mirip sama kaya abis operas sc ahahahaha.gue disuru bedrest 2minggu tanpa minum obat apapun.oh cuma vitamin c saja.buat daya tahan tubuh. after 2 minggu gue disuru balik lagi ke dokter buat dicek jahitan dan di usg kembali. all clear ..dan baru dikasih obat penguat rahim dan hormon selama sebulan. setelah sebulan gue balik lagi dicek lagi malalui usg semua bersih. kembali dikasih obat dupaston diminum buat sebulan. nah dokter juga bilang kalau mens nanti sakit bisa aja minum painkiller ponstan. sampai sekarang si kalau gue ngerasa gak nyaman karena mens gue minum itu.tapi udah jarang juga kecuali buat sakit gigi.

alhamdulillah sampai sekarang setiap gue cek ke obgyn,kista  gak ada dan ya berharap jangan sampai ada lagi. dulu gue sempat takut kalau bakal susah hamil. dokter bilang tetap positif thingking urusan kita nanti hamil atau gak itu bukan urusan kita tapi yang diAtas sana. kita hanya berusaha. ohya nama dokternya Dr. Willyarto Wibisono spog dia juga yang bantu lahiran bazyl.

pasca menikah gue kosong 4bulanan selama masa kosong itu dokter cuma nyaranin ubah lifestyle.makan makanan yang sehat dan yang terpenting positif thingking. karena menurut beliau tanpa positif thingking semua bakal sia2 yang ada stress dan negatif kalau udah gitu kualitas fisik-mental kita dan pasangan jadi drop. dan itu tidak baik.gitu si kata pak dokter.

trus gimana sekarang menstruasi masih sakit gak nis?? sakit si udah gak yah sakit2 gak nyaman gitulah.tapi yah tanpa painkiller bisa gue tahan palingan lemes2 males.dielus2 chicco juga udah kuat lagi huehehe. oh dan gak pake muntah2 lagi.kecuali PMS nya yang yaahh udah taulah ya lebay alay gitu.kayanya makin umur pms makin ganas gak si??? apa perasaan gue aja?? -___-‘

kalau kata dokter juga selama pms fisik pasti jadi gampang drop dikarenakan ketidakseimbangan hormon dibadan kita.tapi tergantung juga dengan bawaan kita masing2. karena tiap manusia kan berbeda. nah biasanya yang suka kena dan jadi sakit itu dibagian2 terlemah tubuh kita. misal kaya gue kan darah rendah jadi bawaanya makin kleyengan dan pusing.trus ke gigi karena ada 1 gigi gue yang hypersensitif banget. pinggang sakit yaahh anggap aja faktor umur dan gue kurang olah raga ahahahaha. kalau sakit hati..yah anggap aja kurang dikasih duit jajan ma chicco :p

nah sekian teman2 sharing pengalaman gue tentang dismenore dan kista ini.kalau kurang detail dan jelas harap maklum ya karena udah lama banget kejadiaanya. pesan gue kalau ada gejala menstruasi mirip2 kaya gue dulu better dicek sebelum terlambat. yah syukur2 gak kenapa2  dan sehat selalu atau hanya karena bawaan hormon aja. yang berjuang dengan kistanya tetap semangat dan positif thingking  selalu,pasti sembuh . ohya dan juga cari beberapa opinion dari dokter.jangan hanya satu dokter saja. kalau ada yang mau share tentang dismenore ini atau kista silahkan..siapa tau cerita gue dan share teman2  juga bisa bermanfaat buat reader lainya.

goodnight!

 

 

 

23 thoughts on “Dismenore ( nyeri haid ) & kista endometriosis

  1. Halo mbak nisa, aku prita. salam kenal yaa, selama ini cuma jd silent reader aja disini sama di IG hehe 🙂
    sama persis sm pengalamanku mbak. tpi yang ada di aku endo yang berbentuk bercak-bercak juga. dan sampe skrg, walau udah melahirkan via sc, masih aja loh sakit minta ampun pluuuus setelah pake iud malah ampun deh mood-nya.
    i feel you (read: usg lwt anus) itu gak enak bangeeet… 😦 😦 😦 mana waktu aku, dokternya ngasih liat ke koas-koas cowok gitu hiks

    • Hallo prita

      Yah masih sakit banget ya prita? Aduhh ngerti banget deh rasanya. Sabar ya tetep semangat. Minum painkiller gak? Atau bisa juga dulu aku sering mandi air anget aja jd lumayan ngeredain sakit disekitaran perut dan pinggang kalau untuk area “bawah” sana suka aku semprot2 air anget juga. Udah coba ke dokter lagi buat cek?

      And yessss horrible filing gitu deh pas alat usg masuk ke anus.

      Anyway terima kasih ya sudah main kesini. Salam kenal juga 🙂

  2. Astaga ampe dioperasi juga yah Nis ?? Org2 di sekitarku banyak yg kl mens ampe sakit2, pingsan ampe puceeet gt. Ada satu tmn, dy sakit gt gak diapa2in sampe lahir anak pertama, katanya sih pas lahiran itu ( caesar) sekaligus diangkat kistanya eeh skrg udh pny anak lg..
    Mudah2an gak balik2 lg ya itu kista

    • Iya cha , duhh kebayang deh gak enak banget ngalamin nyerinpas lagi mens. Nyiksa bangett dan emang sakitt . Suka bete kalau ada orang yang nyepelein hal ini karena ini serius sakit.
      Iya semoga gak akan ada kista lagi , sehat selalu buat aku, kamu dan kita semua. Thank you cha 😃

  3. Aku masih belum ngecek lagi sampe sekarang sih Nis, tapi masih sakit banget. Kalo pas lagi gak fit apalagi makin parah. So far minum obat kalo emang udah sakit banget, tapi di tahan aja selama masih bisa. Kompres air anget sama bed rest itu nolong banget.
    Mudah2an kamu gak balik balik lagi ya kistanya 🙂

    • Oh iya aku jadi keinget postingan km dulu juga pernah cerita kalau mens sakit ya may huhuhuhu. Kebayang lah ya sakit mens tuh gimana. As long as masih bisa ditahan ya gpp. Painkiller alternatif terakhir kalau udah gak bisa nahan lagi kan ya.aku si juga sama dulu suka kompres air angat atau mandi air angat.

      Thank you maya, jangan sampai deh heheheh

      • Iya sih kalo minum pain killer kalo terpaksa aja. So far asal aku bed rest aku gak perlu pain killer untungnya. Kalo soal PMS mah laki laki kita mesti sabar aja yaaa 🙂
        Iya amiin nis, jangan sampe deh :).

  4. Been there NIs, but mine is Mioma. Pernah gue post juga kok. Uda 2 x operasi, yg pertama miom geburt gak perlu bedah2an, tinggal dicungkil aja dari luar. Yang ke-2 operasi barengan sama cesar. Cewek emang rawan miom dan kista ya. Faktor hormon sama pola hidup pengaruh besar. Smoga gak tumbuh lagi dan sehat2 semua yaa… take care..

    • hah dicungkil gimana maksudnya?? via vagina gitu? duuhh gimana rasanya shin?? ngilu gueeee .iya lifestyle ngaruh banget sama faktor makanan juga si. aahh semoga ya kita selalu sehat jauh dari segala penyakit biar bisa happy2 ngurus keluarga kita ya shin. 🙂

  5. duh sampai dioperasi kak 😦
    unutng skrg uda sembuh dan ga balik2 yah kistanya.. amit2 jgn sampai deh, aku untungnya setiap PMS ga nyeri dan sakit parah sih.. hanya sakit normal aja dan belum sampai yg butuh obat 🙂

  6. Gue juga punya dua sepupu yang pernah kena kista, liatin mereka berobat tuh kesian 😦 sampai salah satunya ada yang divonis ga bisa punya anak. Kebayang histerisnya dia pas dibilang begitu 😦

  7. Nis, aku jg mau posting ttg kista ini tapi masih di draft aja tuh nganggur. Sehatii. Ihihihi. Kista tuh emg bikin sengsara bgt ya, dan dag dig dug bgt jadinya. Gelisah takut ga bisa punya anak. Padahal buktinya banyak jg yg kena kista tapi ttp bisa punya anak, kayak kamuu tuh ada si bazyl yg super imut 🙂
    Aku jg masih positif thinking aja dulu, namanya anak ya Tuhan yg kasih pasti waktu yg terbaik.

    • kamu juga pernah kista mar?? sampe operasi gak? semoga udah sehat ya sekarang dan mensnya gak pake sakit. share dong di blog biar bisa baca juga pengalamanmu.

      • Iya Nis, aku jg waktu itu sampe dioperasi. 2 kali malah, huhuu sedih bgt. Makanya sekarang jadi waswas apalagi kl makan udah mulai ngasal. Iyaa, nnti mau aku posting jg ya siapa tau bisa bantu info buat yg lg sakit

Comments are closed.