Kuliner Lampung ala NisadanChicco

mudiklampung25

Hai Everyone! udah pada masuk kerja ya hari ini? met kerja yaa ^^

Anyway,I’ve been compiling some of my favorite culinary/dining in Lampung . so excited to share with you all.This is of course just a sligthly of what to do in the city, but hope it’s helpful!  Walaupun gue gak tinggal di lampung  tapi tiap kali mudik selalu wajib buat “absen” . Lampung sekarang semakin ramai dan sudah banyak cafe enak atau tempat makan lucu udah persis kaya di bandung. sayangnya kok ya macet juga kalau kemana-mana. Udah ada yang pernah ke Lampung?

Kebanyakan orang kalau datang  ke Lampung pasti identik dengan Bakso Sony ataupun kripik pisang coklat.  yuk baca terus sampai habis..kalaupun ada teman2 yang berasal dari lampung ataupun tinggal di lampung boleh banget dishare juga tempat makan favoritnya yaa di comment box biar bisa  jadi panduan teman2 lain ketika berkunjung . Enjoy !!

 

Mie Ayam lampung,

dia ada di 2 lokasi,yang satu di Jl raden Intan seberangan dengan Hotel Grand Nugraha dan satunya terletak di Jl Ikan Tongkol, daerah Teluk Betung. Kalau gue lebih suka makan di Jl Ikan Tongkol ini selain tempatnya lebih besar disekitaran nya juga banyak jajajanan enak. ohya WAJIB banget cobain susu kedelainya.beda dari yang lain, dijamain Nagih !! 😉

Mie Ayam Bandar Lampung/Mie Awi,

Ini salah satu mie ayam tertua di Lampung biasanya orang lampung menyebutnya dengan mie ayam Awi karena dulu yang punya namanya Awi. porsinya sumpah besar banget. saran gue si beli seporsi bisa buat makan 2 orang. letaknya di Jl pangkal Pinang, tanjung karang.

Mie Selada

Nah Mie Selada ini lagi happening banget (pernah gue share penampakanya di Ig gue @qyusha) karena berwarna hijau dan memang terbuat dari selada organic plus mereka nanam sendiri seladanya. selain mie selada ada juga mie hitam yang terbuat dari tinta cumi. untuk toppingnya pun mereka ada daging ayam-jamur, sapi dan ayam saja. kalau kesini harus dari pagi kalau gak suka keabisan . lokasinya ada di Jl Ikan Hiu, Teluk Betung.

Mie Ajan

Mie ayam ini juga salah satu favorit gue dan juga dia berwarna hijau karena terbuat dari bayam , trus ada mie merah yang terbuat dari buah beet. Tapi mereka juga menyediakan mie ayam biasa kok.Trus mereka punya pangsit gorengnya enak banget sembari dicocol pakai sambal spesial mereka . mmhh enak !! kalau kesini juga harus pagi2 soalnya kalau udah siang suka rame dan suka keabisan. lokasinya terletak di Jl MS batubara, Teluk Betung.

Mie Tiki

Ini Mie sebenernya bukan kategori mie ayam , modelnya kaya mie tek tek biasa atau mie godog jawa gitu. yang buat beda di bumbu special mereka dan bentuk mie nya yang gendut2 . lokasinya di daerah teluk Betung ( maafkan lupa nama jalanya. pokoe deket dengan Chandra Teluk ) dia juga cuma diemperan dan gerobakan gitu. Buka hanya dimalam hari. Dinamakan Mie Tiki karena letak dagangnya di depan kantor Tiki. Favorit gue itu mie blenyek aka mie kering setengah basah.

Bakso Upil

Selain Bakso Sony sebenernya banyak lagi bakso lain yang enak di Lampung. Salah satunya ya ini si bakso Upil. kuahnya enak dan gurih. lokasi nya ada di daerah teluk Betung.

Bakso Pakde

Bakso pakde ini udah dari jaman gue smu dulu deh, favorit keluarga gue juga. nah masalahnya dia udah pindah ke daerah Pahoman.yang sampai kemaren dicari dia belum buka ;/

Jajanan Pempek

Jangan salah di Lampung pun terkenal juga dengan pempeknya lho! karena konon dulu banyak orang Palembang yang pindah kesini. Untuk yang mau kulineran Pempek ala Lampung yang bagi gue ya sama enaknya kaya pempek Palembang. monggo ke daerah Kupang di Teluk, persisnya di Jl MS Batubara. itu satu daerah/jalanan isinya toko pempek berjejer. kalau favorit gue si ke pempek 59 , selain pempek es kacang merahnya nikmat buanget !!

Pempek Nori

Sebenrnya ini sama aja tempat makan Pempek, tapi yang buat beda adalah dia punya pempek isi keju, pepaya/kates,udang dll. enak banget deh.. lokasinya ada di JL Ikan Kakap. Teluk Betung.

Pempek 123

Ini pempek udah terkenal banget dan lokasinya dia ada 2 satu di Jl ikan pelanak daerah Teluk dan satunya  deket rumah Oma gue daerah Pahoman, Jl jend Sudirman. sebelahan dengan smp 23. selain pempek cobain juga martabaknya deh, enak banget.

Rumah Makan Begadang

Ini sebenarnya rumah makan padang gitu tapi yang buat dia beda , karena ada menu ayam goreng kuning telur. saking empuk dan gurih nya Bazyl pun doyan!!

Rumah Makan LG

terletak di Pahoman belakang Kolam Renang Pahoman. dia rumah makan yang special menunya adalah nasi bakar. mulai dari nasi bakar daging empla, ikan teri, sayur , jamur dll. enakk banget !!! duuh jsembari nulis ini aja jadi kepengen ^^

Pecel Lamongan

ini spesial tempat makan tenda gitu menunya juga pecel lele, ayam ,cumi goreng dan lalapan. yang buat special sambalnya itu deh enak banget karena pakai terasi khas yang beda dari yang lain. dan makanya pun disajikan diatas cobek.lokasinya ada dua cuma yang biasa gue makan itu di Jl Antasari.

Pecel Lele Ibu Gendut

Terletak di Way halim dan menu yang disajikan sama seperti pecel lamongan tersebut. berupa pecel lele, ayam, lalapan dan sayur asem.

Nasi Uduk Mat Kribo

Nasi uduk ini udah terkenal banget dari duluuu buanget. diberi nama seperti itu karena yang punya itu rambutnya kribo banget ^^, nasi uduknya gurih banget dan ayam gorengnya itu lho …mmhh yummy !!  gak cukup satu piring, seriusan !! terletak di daerah Tanjung Karang persisnya di Jl. Kartini.

Seafood

Biasanya gue dan keluarga suka banget makan seafoood di Restaurant Kampung Seafood yang terletak di Jl Antasari no 88 atau gak bisa coba ke Seafood Jumbo kakap di Jl Ikan Kakap, Teluk Betung.

Pindang Mak war

Ada yang suka pindang ikan atau pepes ikan? kaya ikan patin,baung? cobain kesini aja. khas banget kuah pindang kuning yang seger dan juga pepes ikanya yang uenak tenan. sambal nya pun mantab!

Bakery

Nah di Lampung juga ada tempat toko roti yang terkenal enak. salah satunya di Toko Roti Sherren yang lokasinya ada di Jl Jend Sudirman no.63 dan juga Roti Italy yang terletak di Jl Pemuda, tanjung Karang. cobain deh, aroma roti di kedua toko roti ini harum banget , enak dan empuk!!

Jajanan Stadion Pahoman & Tk Pertiwi

Ini merupakan tempat jajanan gerobak yang beraneka ragam mulai dari somay, somay goreng, ketoprak, bakso , es teler , nasi pecel dll. letaknya di daerah pahoman didepan kolam renang pahoman. kalau TK Pertiwi masih dekat dengan stadion pahoman cuma di lokasinya didepan persis sampingan dengan Tk Pertiwi.ohya yang buat uni somay di TK pertiwi ini makanya pakai lontong..penasaran? cobain aja sendiri ^^

Pusat Oleh oleh Lampung

Buat belanja oleh oleh khas lampung seperti kripik, kemplang , lempok dll bisa kunjungi ke Pusat Manisan Lampung Yenyen yang terletak di Jl Ikan Kakap, Teluk Betung. nah disebelahnya juga ada beberapa toko oleh2 juga seperti Outlet  Suseno dan lapis Legit selera rasa. ohya ada yang penggemar Duren?? bisa beli dan makan ditempat.lokasinya persis di depan toko manisan YenYen tersebut. katanya si enak dan harga murah. ( katanya yaa..soale gue dan Chicco bukan penggemar duren. cium baunya aja rasanya dah mau muntah ;/ )

Nah kalau mau liat view kota Lampung baik siang dan malam hari bisa kunjungi ke Summit Bistro yang terletak diatas bukit gitu. jadi kalau kita datang siang ataupun malam view kota Lampung terlihat jelas dan bagus. lokasinya berada Jl. Raden Imba Kesuma Ratu, Sukajadi, Sukadanaham

 

 

 

45 thoughts on “Kuliner Lampung ala NisadanChicco

  1. Minggu kemarin pas hari pertama kerja, teman seruangan yang mudik ke Lampung bawain oleh-oleh keripik pisang coklat..Baru pertama kali nyoba n I likeit 🙂

  2. Aaaak ayam selimut telurnya begadang, duuhh itu emang enak ya mba kalo ga inget kolesterol 😀 kmren sempet juga nyoba pempek nori, pempek kejunya lumayan sih tp tetep paling enak cukonya pempek 123 sihh….ada harga ada rupa hahaha 😀

    • Iya diantara semua pempek emang 123 cukanya paling enak, tapi kepedesan menurutku Dit. Kalau yg 59 pas ..ayam telur itu buat nagih tapi ya itu lemaknyaaaa hihihi

  3. Waduh Lampung skrg macet ya… Dulu gak macet sama sekali padahal ya. Sekitar awal 2000an gw sering banget tugas ke lampung nis. Bisa Stay sampe 2 minggu sekali pergi. Dan dulu Lampung gak ada apa apa jd gw asli bosen banget kalo ke lampung. Mana selalu nginep nya di hotel yg jelek karena kantor gw pelit jd gw gak suka ama Lampung. Hihihi maap ya… 🙂

    • ahahaha iya Man dulu emang masih sepi, sekarang udah makin lengkap segala franchise makanan jakarta udah ada, mall2 makin banyak walau gak sebesar mall2 jakarta yaa..pokoe dah maju ala2 bandung gitu.guepun dulu waktu jaman masih smu suka bete dilampung gak ada apa2 ahahaha…
      tapi sekarang makin rame ya makin macet man dimana2

  4. Keren Mbak, lengkap banget. Setuju, setelah membaca ini, ternyata kuliner Lampung bukan cuma keripik pisang cokelat saja ya, banyak kuliner lain yang unik dan seru serta patut dicoba. Saya bookmark Mbak, soalnya menyelesaikan list ini adalah sesuatu yang seru banget dan pastinya tidak bisa selesai dalam waktu singkat! Tapi ini bisa membuat saya selalu merindu untuk menapaki Lampung yang kalau dari Jakarta tidak terlalu jauh :hihi.

    • km pernah ya Gar makan kripik coklatnya? enak kan ya hihihi
      iya jadi kalau kamu main ke lampung ntar cobain list aku ini dan sebenrnya masih banyak lagi yang enak2 Gar disini..:)

  5. Wajib kudu dicobaa semua. Kemaren sempet cobain pempek123 enaak. Dan kita mau cobain pindang Mak War, tapi masih tutup hiks

  6. Tahun lalu ke lamoung tugas kantor, trus ditrajtir bakso sony sama org kntor. Katanya blm ke lampung kl blm makan bakso sony 😂😂 trus sm sodara diajak kulineran juga makan pemoek, enyak 😋😋

  7. Dan ternyata pempek lampung itu juga enak bingit ya Niiis, aku tadinya sepele banget pas temenku dari Lampung bilang bawaain oleh oleh pempek. sok banget ya sok orang palembang yang biasa makan pempek eh pas dibawain aku sukaaaak ternyata enaaaak. Kayaknya Lampung ini karena ‘perbatasan’ Sumatera dan Jawa jadi malah beragam banget ya kulinernya cegluk

    • ahahaha iya karena banyak juga orang palembang yang pindah kesini dan rasanya juga sama plek ketiplek si Mak..aku tuh kalau makan pempek sampai tak hirup2 cukanya saking enak banget ahahahah

  8. waaah lengkap…
    mi ayam sama bakso itu laris bener ya di Lampung, di mana2 ada aja dua jenis makanan itu, laris semua
    yg udah pernah nyoba mi ayam awi, mat kribo yg emang enak banget nasi uduknya,
    ada lagi nis kl boleh nambahin pindang kepala simba di dekat pantai mutun, sop kikil di teluk, sama mi godog bawah pohon yg di atas itu lho .. he..he.. lupa namanya

    • Oh iyaa sop kikil yang diteluk itu fav mama papa aku jug Mba tapi berhubung aku gak doyan gak ditulis disini tapi banyak yg bilang itu enak.mi godog jawa itu ya .. Wahh pantai mutun dah lama banget gak kesana hihihi

  9. Nis, kalo uduk gw malah demen di Toha drpd matkribo. trus kalo pindang CekMat, yg di daerah Panjang udh nyoba blm Nis? duh gw demen bgt rasa kuahnya ama ikan seluang kecil2 goreng garing. eh Mie Tiki yg diblg tu sama gak ama Mie Khodon? duh…gw kerja bawaannya jd ngiler aja. mana mendekati jam makan siang. hihihi…

Comments are closed.