Ibadah Haji

 

Sebelumnya, selamat hari raya Idul Adha buat teman2 yang merayakanya. Baca berita mengenai Ibadah Haji tahun ini sedih banget ya 😦 Mulai dari faktor cuaca yang ekstrim, kebakaran, Crane yang jatuh dan yang paling update kemarin mengenai tragedi Mina , again..oh my 😦

kayanya Tahun ini para Jamaah haji disana benar-benar deh cobaanya berat banget. Kita aja yang liat beritanya sampai speechless apalagi mereka yang sedang menjalankan Rukun Islam ke 5 ini. mengenai tragedi Mina ini..sampai hari ini udah sekitar 1500 jiwa yang menjadi korban. meliputi korba luka maupun meninggal dunia. gak kebayang gimana itu situasi disana ketika para jamaah haji saling berhimpitan, dorong dan akhirnya terinjak. liat di Tv aja ngeri banget 😦 Waktu tragedi crane collapse yang di mekkah itu, gue sempat nonton salah satu video amatir menjelang detik2 robohnya. serem banget kan ..!!! udahlah suasana buram karena badai pasir yang cukup mencekam, angin yang dasyat buat suasana makin seram. Mungkin dipikiran orang2 tersebut kiamat kali ya. terdengar orang2 pada menyerukan Allah Akbar dimana2, SubhanAllah ..They died in mekka in front of kabah while worshipping Allah..May Almighty Allah grant them all..they will rest eternally in Jannah. Insya Allah.

Sebenarnya diluar tragedi2 tersebut juga banyak cerita2 yang sering kita dengar ketika para jamaah haji melaksanakan ibadah ini. hal2 yang diluar logika kita.katanya apapun yang kita kerjakan selama didunia ini bakal tercermin atau dibalas dengan hal hal yang tak terduga dan kejadian ketika melaksanakan ibadah Haji disana.  Entahlah hanya Tuhan yang tau..

Sengeri apapun berita yang ada mengenai kondisi seputaran Ibadah Haji gak menyurutkan niat kita pastinya sebagai muslim untuk  menginjakan kaki di Rumah Allah, menyaksikan dengan mata kepala sendiri memasuki Al-Baitullah al-Haram,bertawaf di sekelilingnya, melihat indahnya ka’bah ,sujud depan ka’bah..duh nulis gini aja gue  pengen mewek deh :’)

Perjalanan Haji memang merupakan perjalanan ibadah spritual kita sebagai umat Muslim demi mendapatkan kepuasan jiwa dan menambah dekat dengan sang pencipta. Bukan perjalanan piknik biasa untuk sebuah kepuasan duniawi karena gengsi dll, justru kepuasan duniawi dikorbankan dalam rangka mendapatkan kepuasan yang lebih tinggi. walaupun ditempat asal kita adalah si kaya , miskin, pejabat,artis,sosialita or apapun.. ketika melaksanakan haji semua mengarah pada persamaan derajat. kita sama dimata Tuhan .Haji dalam Islam memang memiliki nilai lebih si, tapi dilaksanakan ketika memang kita mampu baik secara fisik maupun materi (tidak juga dengan berhutang) ..

Semoga kita semua bisa mendapatkan kesempatan untuk bertamu  dan bersujud di rumah Allah ya. Dan juga buat saudara kita yang sedang melakukan ibadah haji  semoga diberikan kelancaran, kesehatan dan keselamatan dan berkah dari Allah sehingga bisa menjadi Haji yang Mabrur dan bisa direalisasikan dalam kehidupan sehari harinya. aminn

 

 

 

 

10 thoughts on “Ibadah Haji

  1. Iyaa loh, Mba. Aku juga bikin post tentang ibadah haji karena concern sama kejadian2 di sana. Yakin aja, makin banyak cobaannya makin banyak juga pahalanya. Amiinn. Semoga kita termasuk orang2 beruntung yang dipanggil Allah untuk berhaji ya, Mba 🙂

    Btw, aku ada yg ditanyain ke Mba Nisa, jadi kukirim ke Hallo@nisadanchicco.com. Bukan hate email, beneran nanya kok ;p
    Makasih sebelumnya.

  2. Sedih banget bacanya memang berita tentang ini. Semoga para korban diberikan jannah Nya ya Nis. Gimanapun sedihnya ini takdirnya Allah ya. Para korban dipanggil di rumahNya. Semoga keluarga korban diberikan ketabahan ya..

  3. Sedih liat berita di TV.. Kasian bgt para korban nya 😦

    Amin.. Amin.. Semoga kita diberi kesempatan untuk beribadah Haji..

  4. Aku suka merinding haru nangis kalau mendengar alunan Labbaikallahummalabbaik. Selalu berdoa semoga diberi umur barakah sehingga bisa beribadah ke Mekkah. Semoga kita semua bisa datang kesana ya Nis. Semoga yang meninggal diberikan tempat yang terbaik disisi Allah.

  5. sedih memang nis setiap ngliat kejadian seperti ini berulang. mudah-mudahan keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran, amin.

    tahun 1990 lebih parah lagi 1400-an jamaah meninggal keinjek-injek jamaah lain. pemerintah saudi juga gak mau disalahin. menurut berita sih karena jamaah tidak disiplin, berangkat tidak sesuai dengan jadwal yang ditentukan. banyak yang gak sabaran nunggu giliran kali ya, bukannya tambah cepat.
    salam
    /kayka

  6. Iya Mbak, memang cobaan dan ujian yang dialami saudara-saudara yang sedang menunaikan ibadah haji tahun ini berat banget… semoga mereka bisa melewatinya dengan baik :amin, tapi memang ya Mbak, untuk perjalanan suci seperti ini cobaan pasti banyak. Mungkin Tuhan ingin menguji seberapa kuat umat-Nya dalam menghadapi berbagai masalah. Dan tidak ada cobaan yang melebihi kemampuan umat-Nya, maka kita mesti yakin kalau semua masalah ini pasti bisa kita hadapi :hehe.

  7. apalagi kmrn habnis tragedi mina, semoga mereka syahid dijalannya ya mbak nisa..:) #salamKenal ditunggu kunjungan baliknya

Comments are closed.