Oh Boy !! 5 Hours and 3 Stitches …

I’ve considered myself as a lucky Mama, trough years of parenting without any major medical drama, Until now!!

Jadi ceritanya kemarin itu kita ngabisin sekitar 5 jam di Emergency Room , it because our little man had accident at home. he got trip and landed his forhead on the brick. Cukup keras bunyinya..secara gue yang lagi ada dikamar mandi bisa kedengaran. Gak lama Bazyl nangis diiringin suara Chicco teriak panik dan begitu gue keluar .. there was blood everywhere. I went into crazy panic mama, my chest hurt, scared and  completely mess. gak kebayang deh ..

Gue dan Chicco berusaha untuk gak panik, walaupun tangan masih gemetaran ngeliat darah gak berenti dari dahi Bazyl. Sementara itu Chicco turun ke lobby minta tolong panggil ambulance yang partner dengan apt tempat kita tinggal. gak sampai 10 menit ambulance datang dan petugas ambulance langsung bantu bopong Bazyl kedalam buat diobservasi, by that time si anaknya dah gak nangis tapi masih lemes karena shock. sekitar 5 menit diobservasi sembari dipasang sensor di jari Bazyl buat denyut nadi, tekanan darah, dicek temperature, lanjut pemeriksaan fisik lainya, trus petugas satunya sembari nanya data Bazyl buat diinput kekomputer dan terakhir  dahi Bazyl dikasih semacam perban dan kemudian meluncurlah ambulance ke RS.

Begitu sampe langsung ke ER..

Chicco yang gendong Bazyl, gue  kebagian administrasi buat register dll, ternyata karena sudah diinput data Bazyl sebelumnya ketika di Ambulance jadi cepat gak sampe 5 menit cuma nyocokin data anak,tunjukin passport , ttd gue sebagai ortu lalu  bayar administrasi HKD$100 . disuruh tunggu sebentar buat dipanggil dokter.. gak lama Bazyl dipanggil sama perawat ditanya riwayat medical dll trus dikasih note dan duduk lagi buat tindakan medis.

long story short, ketika diruangan dokter, ditanya (lagi) history jatuhnya gimana, jam berapa, posisi jatuhnya gimana pokoe detail ampe bosen jelasinya..sembari dokternya  nyocokin dengan data lembaran history yang dari petugas ambulance ,trus berujung dokternya bilang kalau lukanya dalam. there’s gap in Bazyl’s forehead  (well denger nya aja made me sick )  harus dijait  dan juga buat mastiin kondisi kepala Bazyl harus di Xray. Yoweslah ya ngikut aja..digiring perawat ke ruang tindakan, gak lama..bazyl dikasih paracetamol sebagai painkiller, trus tanganya yang dipasang sensor (lagi)  buat ngecek denyut nadi & tekanan darah, lanjut cek temperaturnya. dan baru terakhir buat X-ray.

Nunggu sekitar 10 menit-an, trus balik lagi ke ruang tindakan, disini perawat dah siap dengan segala peralatan buat jait luka Bazyl.

Gue dan Chicco disuruh keluar..

Awalnya kita  nolak dong tapi perawat jelasin demi kebaikan semuanya mohon ortu tunggu diluar (iya juga si secara gue aja dah lemes liat jarum dll) toh  Bazyl ditangan yang tepat. tapi yah bok..tetep aja kan ya. gue sempet liat Bazyl kaya di wrap dengan kain biar gak berontak kali ya selama dijait. di luar gue dan chicco bisa denger bazyl awalnya nangis gak lama dia diem aja ngoceh2..gak sampe 10 menit beres and our little man run into chicco and me. We so proud of him..he was brave with 3 stitches on his forehead ! ketakutan gue dan chicco kalau dia bakal berontak dan jejeritan ternyata gak kejadian, yah paling cuma nangis bentar doang itu gak lama bazyl bilang “I’m dizzy, aku keceduk wall , it hurt  ” sembari nunjuk2 dahinya yang abis di jait ;p

Nah kirain setelah dijait boleh pulang dong ya, eh gaktaunya perawat ngelarang kita pulang karena harus diobservasi pasca dijait sembari nunggu hasil Xray takutnya ada tindakan medis lainya. yoweslah mau gak mau kita nunggu dengan bosenya .Bazyl was moody, hungry and a bit grumpy walau actually he was back to his normal self.Setiap jam perawat datang buat cek denyut  nadi, tekanan darah, temperature dan fisik lainya.sekitaran jam 3 sore dokter datang dan bilang kalau hasil Xray bazyl totally fine gak ada yang perlu dikhawatirkan. yeaayyy..lega!! gak lama perawat ngasih beberapa dokumenslah satunya surat pengantar buat cek jaitan seminggu dari tanggal kemarin di klinik yang ditunjuk. trus  obat, which is cuma paracetamol itu pun  dikasihnya kalau dianggap perlu , misal kaya temperatur naik, pusing dll. dan sisanya surat ijin sakit buat ke sekolah Bazyl ( ini padahal gue dan chicco gak minta lhoo ) dan lembaran terakhir emergency call kalau sewaktu2 jaitan Bazyl mengalamin gangguan …amit2 yaaa jangan sampe!

Setelahnya kita pulang dengan lemes, perut kelaparan kepala pusing, kita bertiga cuma dapat light snack aja, disela nunggu tadi chicco sempet beli toast and hot milk tea. di observation roomnya dingin buanget!  But Bazyl now doing fine, walau semalam makan malam masih dikit dan maunya susu aja trus gue raba badanya agak anget si, walau tetep kaya kitiran loncat sana-i . Sebelum tidur gue kasih paracetamolnya sesuai petunjuk.

anyway..so far si kita cukup puas dengan pelayanan kesehatan di HK sini. cuma modal HKD$100  kalau dirupiahin sekitar 200rb kurang tapi Bazyl dapat pelayanan maksimal mulai ambulance datang, perawatan & pelayanan didalamnya dan 5 jam di ER / observasi room , Xray dll..itu berasa kalau di Indo kaya mesti ke RS swasta dan bayar mahal. Kemarin kita di goverment hospital aka RS umum. Kalau dipikir2 seluruh perawat dan dokter teliti banget (kaya nanya detail gitu kan emang wajib yaa walau diulang2 terus huehehe ) dan RAMAH . misalnya lagi   setelah dijait biasanya kalau di RS indo or waktu Chicco tanganya keseleo di sydney kemarin abis di cek yowes suru pulang,  Ini harus diobservasi lagi buat jaga2 kalau ada hal lainya yang perlu dicek..jadinya kita sebagai orang tua biar kata bosen nunggunya tapi puas dengan kondisi Bazyl yang Alhamdulillah gak kenapa2. well dapat oleh2 si 3 jaitan di jidatnya ;p

Sebenernya kita dapat asuransi  dan bisa gratis kalau di RS swasta tapi karena kemarin ambulance yang datang dari RS pemerintah yang bekerja sama dengan apt tempat kita tinggal jadi asuransi  gak berlaku dan wajib bayar HKD$100 sembari nunjukin ID (passpor) buat tindakan apapun kecuali tindakan kaya operasi dll beda lagi yaaa .

Sedikit cerita tentang sistem kesehatan disini, karena yang bertanggung jawab buat seluruh sistem kesehatan dan RS di Hk ini ya dari si pemerintah ( Departement of health & Hospital autorithy) Pemerintah disini menyediakan sekitar 60 RS umum dan hanya sekitar 15 RS swasta yang ada di HK. Plus dari segi fasilitas masih legkapan RS umum dibanding swasta. jadi disini tuh kebanyakan kalau layan inap kebanyakan di RS umum untuk konsultasi dokter baru di RS swasta.Pokoe selama  punya ID HK kita  berhak dapat pelayanan kesehatan bahkan gratis .kalau di RS swasta kita harus bayar sekitar HKD$300 – HKD$600 tapi kalau ada asuransi yowes lenggang kangkung aja si atau tergantung apa saja yang di cover di asuransi tsb.

 

 

 

Advertisements

60 thoughts on “Oh Boy !! 5 Hours and 3 Stitches …

  1. Yaampun Niiiis. Gw bacanya sampe ikutan stres mbayanginnya. Radi gw like postnya karena lega semuanya baik-baik aja tapi kok berasa inappropriate ya. Jadi gw ilangin likenya. Hehehe. Syukurlaaaaaah ga ada yang serius ya Nis. Sistem kesehatannya baguuus. Ngimpi doang mah skr Indonesia bisa gitu. Etapi bpjs pas Ibu gw sakit membantu banget juga sih meskipun belom sebagus itu.

    • ahaha iyaa gpp kali Dan..makasih ya, eh tapi emang BPJS itu ngebantu kok eyang gue pake buat cek ricek kesehatan dia tapi minusnya antrinya itu aja lamaaaa..eyang gue kalau mau konsul harus dari subuh daftarnya ! huhuhu

      • iya persissss jam segitu dah harus antri buat ambil no ya huhuhu..kesian ya kalau orang tua harus antri sepagi2 itu, belum ntar dokternya suka ngaret datangnya…semogalah sistem kesehatan di Indonesia bisa semakin maju

  2. Glad to hear that lil mister is okay. Nisa & Chicco jg jgn telat makan ya spy tetep fit 🙂 btw aku dulu pas seusia Bazyl pernah kejeduk sampe berdarah (masih ada scar nya sampe skrg).

    • Iya Tyk, makasih yaaa ..tinggal nextweek kontrol jaitan aja. dijait gak Tyk? katanya bekas luka jaitan susah ilangnya ya..kaya bekas operasi SC aku aja masih ada bekasnya nih

      • Ingetku dulu nggak dijahit nis (optional tp krn aku gak mau ya gak dijahit). Mgkn sobeknya ga terlalu dalam kali yah. Jd klo skrg gedenya radak-radak (pelupa dsb) ya dimaapkan ajalah ya bhahahaha….

  3. HaL2 yg kaya gini yg harus kita persiapkan nih secara punya anak Laki peciciLan ya. Ga mungkin jg semua Lokasi kita sweap biar aman buat si bocah. Mamaku seLaLu biLang namanya punya anak Laki siap2 aja ya dengkuLnya bundas atau jidatnya benjoL. Tapi kan ya namanya ibu ya kaLo bs jgn sampe deh kejadian, bikin jantung emaknya berserakan di Lantai kaLo Liat anak Luka dan sampai harus dijahit ky gt. Baik2 ya bazyL, moga2 bsk bazyL Lbh ati2 Lagi 😘

    • couldnt agree more Mba..namanya anak cowo yg super aktif kita gak bisa nebak kapan mau ada accident walau as a parent dah meminimalisir kemungkinan terburuk. ya berharap jangan sampe kejadian lagi siii…walaupun nih anak kok kaya gak kapok2 kayaaa buat lari sana-i. Makasih ya Mba..

      take care juga buat Danu & Daru di sana…

  4. Alhamdulillah terlewati dengan baik ya Nis. Semoga kedepannya setelah di check up ga ada apa2 dengan Bazyl. Semoga baik2 saja dengan kalian semua disana 🙂

  5. Glad he’s ok Nis😍 Itu typical anak cowoq Nis…welcome to my world! Dulu the boys juga gitu yg satu jaitan dikepala yg satu bibirnya hadeuh hadeuuuh…. Take care darling!

    • Iya mbaa makanya anak cowo kan aktif gak bisa diem and risk taker abis…jadi mesti nyiapin mental lebih buat kedepanya kalau dia kenapa2 tapi jangan sampe lahhhhhh…
      aku aja satu dah jantungan terus gak kebayang Mba Ria ngadepin dua yang aktif2 gitu…
      makasih banyak mbaaa 🙂

  6. bazyyyyyllll yaampunnn, aku kalau gitu jg mungkin udah panik deh mba bayangin sampe berdarah2.. huhuhu syukur udah mendingan ya bazyl..

  7. Ya amoun Niiis, pas baca di IG gak kebayang sampe berdardah darahnya dan dibawa ke ER begitu. Sukurlaaah Bazylnya gak kenapa napa dan soo brave begitu ya sendirian dijahitnya. Hebat kamu Bazyyyyl.
    Di kampung orang masih awala wal begini, untuuuung aja semuanya dimudahkan ya Nis. Itu kalo ada codetnya macho bangetlah Bazyl hahaah

    • iyaaa mba…untung ambulance cepet datang and diobservasi semua detail jadi kita ngerasa Bazyl ditangan yang tepat walau tetep darahnya itu lhooo huhuhuhu bayanginya aja masih lemes aku.
      wkwkwkwkwk codet…..iyalah kenang2an buat masa depan dia Mak ;p
      makasih Mak 🙂

    • wahhh iya May , Chicco aja yg gak panikan orangnya sampe teriak2 panik gitu..apalagi gue huehehe/. Syukur sekarang dah berakhir tinggal cek jaitan aja nextweek. makasih banyak ya May 🙂

  8. Bacannya aja berasa nyeri kalo jd Bazyl dan deg2an kalo jdi ortu.
    Tapi pelayanannya oke bgt ya disana, harga segitu untuk pelayanan sangat detail.
    Cepet sembuh ya, Bazyl. Dan gak ada lg accident yg lain.

  9. Semoga Bazyl cepat sembuh ya Mbak. Pertamanya seram juga baca bagaimana jatuhnya, tapi ia anak yang kuat, keren banget :hehe. Yah, kalau dibandingkan dengan Indonesia, pengelolaan kesehatan di luar negeri memang sudah berkembang jauh banget, kita yang melihat cuma bisa kagum… moga-moga di Indonesia juga pelayanan kesehatannya terus membaik :amin.

  10. Anak cowok kayaknya belom afdol kalo gak luka sampe dijahit, sepengetahuanku gitu. Baru2 ini temen sekolah Teona mengalami cerita yg sama kayak Bazyl, dapet 3 jahitan. Lumayan deh tu ya, huhuhu. Semakin kuat dan berhati-hati ya, Bazyl 🙂

Comments are closed.