Drama Telpon Dari Rumah Sakit

IMG_9568

Jadi ceritanya kemarin gue dapat telpon dari rumah sakit  tempat gue melakukan Oscar Test Pregnancy. Apa itu Oscar Test? yaitu kepanjangan dari One Stop Clinic for Assessment Risk yang wajib dilakukan oleh ibu hamil di Hongkong .Dilakukan di usia kandungan antara 11w-13w  gunanya untuk mengetahui apakah ada kelainan dengan fetus atau ada cacat bawaan seperti down syndrome dll ( amit2 ya Allahhh..*ketok2 meja* ) kenapa di tirmester pertama karena katanya si 90% lebih akurat diketahui ketika usia kandungan masih muda.Semakin tua umur kandungan katanya  semakin susah mendeteksinya. ya kita mah ngikut ajalah ya ..toh gratis ini. (Kalau jaman hamil Bazyl dulu ada juga testnya tapi bayar dan mahal pula biayanya .Jadi gue skip dan cuma minta diliat atau bisa diukur apanya gitu gue lupa dari usg aja , jadi gue gak ambil)

Metode testnya yaitu test darah ( cukup banyak juga darah gue yang diambil ampe kleyengan ) dan screening test menggunakan USG dimana tiap detail gambar si baby di ukur di cek dll hampir 1/2 jam sendiri proses USGnya yah gue si nikmatin banget secara bisa liat si baby gerak2 lucu . Sebenernya gue niat juga mau cerita pengalaman tentang prenatal check up disini karena first time hamil dinegara orang dengan aturan yang beda buat gue sedikit stress dan drama hehehe..ntar deh ya, cerita tentang telpon ini dulu mumpung kejadianya baru kemarin siang.

Nah ketika Oscar Test selesai dilakukan hasilnya gak langsung kita tau, diinfoin ama si ibu bidan  suru tunggu antara 1-2 minggu. dia bilang kalau hasilnya postif pihak RS akan telpon ke no hp gue tapi kalau hasil negatif yaudah gak bakal ada telpon apapun hasil cetaknya baru bisa diambil pas di prenatal check up selanjutnya which is bulan ke 6-7 . okelah ya berbekal omongan ibu bidan tersebut dipikiran gue dapat telpon berarti ada apa2, gak dapat telponsama sekali semua aman.

sampai….

kemarin siang tepatnya jam 1 lewatan tetiba di hp dapat telpon dari no yang gak gue kenal, langsung gue angkat tanpa kepikiran sedikitpun itu dari pihak rumah sakit

” Hi, can I speak to Annisa ”

“This is Annisa, who is this?? ”

  “its from prince of wales Hospital “

disitu gue dengernya langsung  kaya kesambar petir siang bolong *JEGEEERRRRRR*  lemes duluan makkk !!

“hallo ..hallo are you there ma’am?? “

“yeah yeah..please go on “(padahal dah gak konsen, dah mau nangis, air mata dah ngambang huhuhu)

“We want to inform your oscar test result but before that is this your correct hk id number ********** ?”

“…ya….” (suara bergetar karena air mata dah berderai derai)

“ok ma’am there’s no need to worry because the result is negative…

pas denger kalimat itu ya ampunnn Gustiii gue ngerasa legaan dikit tapi masih sedikit . Masih was was apa maksud mereka telpon gue kan ya?? berbekal kata bu bidan waktu itu klo ada yang gak beres dengan hasil testnya kan bakal di telpon nah gue tanya lagi maksud telponya sebenernya ada apa. gaktaunya…..mereka cuma nawarin buat test lanjutan yang tujuanya buat study mahasiswa kedokteran tentang oscar test tsb …dengan diimingin free snack . blahhhhhh !!!! emangnya enak darah diambil beberapa tube gitu huhuhuhu .mereka sengaja telpon  karena cari yang bisa bahasa inggris mengingat katanya bakal mengisi questioner in english. belum selesei ngomong tuh suster gue dah mencak2 kalau ini telpon buat gue lemes ampir semaput dll..gue tolak mentah2 lah. gue yakin pasti banyak emak2 hamil lainya yang bersedia.

kalau ingat kemarin itu paniknya gue dah gak tau kaya apaan. jadi sebenernya telpon dari rumah sakit tsb sempat keputus pas dibagian ” its from prince of Wales Hospital” . makinlah gue lemes, gue coba telp balik gak bisa2 akhirnya gue buru2 telpon Chicco sembari nangis ngasihtau dapat telpon dari rumah sakit bla bla bla..akhirnya chicco bilang  dia bakal telpon rumah sakit dan suru gue tenang.Tapi mana bisa tenang kan ya..gue coba lagi telp ke no tersebut tetep gak bisa trus gue telpon nyokap nangis2 sembari ketakutan gimana klo hasilnya ina itu dll..dan gak lama si  rumah sakit telpon lagi  dan kurang lebih seperti percakapan diatas itulah.

Lega lega…Alhamdulillah hasil semua normal *sujud syukur*  semoga kandungan gue selalu sehat ya Allah. Biar kata makan masih susah, mual muntah masih datang dan pergi , emosi naik turun bagaikan rollercoaster *sungkeman sama pak Chicco* tapi semoga semua proses kehamilan gue lancar jaya hingga lahiran nanti..amin!!

 

58 thoughts on “Drama Telpon Dari Rumah Sakit

  1. Eh yaampuuun Rs nya bikin takut aja ya. Wajar lah elo sampe hampir semaput pan katanya kalo ada apa2 baru di telepon, haiyaaah
    Tapi syukurlah kalo sehat sehat semua dan ga ada apa2. Semoga semua lancar2 ya Nis, sehat2 selalu hugs

  2. Hai Nisa, lama aku gak mampir ke blogmu, terakhir baca postinganmu yg hiatus blog. Selamatt yaaa atas kehamilanmu, semoga lancar semua dan kamu dan bayimu sehat selalu 🙂 .

    Waktu hamil dulu aku juga ikutan screening test, disuruh dokter karena usiaku saat itu dianggap rawan. Aku ikut tes Amniosentesis, cairan ketuban di ambil dg jarum suntik dari bagian atas perut. Klo pakai tes darah bisa tp gak ditanggung asuransi krn mahal dan sampel nya harus di kirim ke amerika. Jadi aku ikut tes Amniosentesis saja. Nunggu hasilnya serasa setahun haha berusaha gak mikir yg negatif. Hasilnya dikasih tahu lewat telp, semuanya baik2 saja.

    Saat hamil usahakan selalu mikir yg postif, drpd stre mikir yg negatif toh, lagipula klo mikir positif semoga apapun itu akan jadi baik 🙂 .

    • Hallo Mama Ben apa kabar? aku juga dah lama gak main2 ke blog mba ini baru mulai2 ngeblog lagi 🙂
      Disini juga ada Amnio test buat 35th keatas dan juga jika hasil Oscar testnya “positif” klo baca prosedurnya ngeri yaa mba? aku baca2nya aja jadi ngilu2 sendiri hehehe.

      ini lagi berusaha ngumpulin mood biar kembali happy2 and positif selalu , semoga trimester kedua ini semua kembali stabil.makasih ya Mba 🙂

  3. Haduhhh beneran bikin panik ya niss…I know how you feel…gue juga dulu selalu doa supaya baik2 aja…..ga perduli lah mau cewe or cowo yg penting sehat walafiat

    Sehat2 ya nis u and the baby…and abang abang Bazyl n Chicco too.

  4. Awww… you are now a preggers! sehat2 terus ya bumil :* :*
    Anyway dulu sempet juga test lewat USG buat tau down syndrome apa enggak… walopun cuman lewat USG lumayan juga pas bagian bayar! herannya gak semua RS di jakarta ngewajibin test ini loh.. entah karena keterbatasan alat atau gimana

    • Iya disini hukumnya wajib kalau kita dah terdaftar di rumah sakit pemerintah dan semuanya gratis hingga last prenatal check up. Tapi ada minusnya juga si Dis layanan RS sini..ntar detailnya aku ceritain di next post.
      Harusnya di Indo juga gitu ya layanan buat Ibu hamil/Ibu& anak di tingkatkan diperhatikan lagi. aku juga jaman Bazyl cuma via USG aja , mahal banget klo mesti test.
      makasih banyak ya Dis 🙂

  5. Huaaa.. Emg deg2an yah klo dpt telp dr rs.

    Alhamdulillah tp yah Nis dengan hasilnya. Sehat2 yah bumil. Lancar sampe melahirkan. Amin

  6. Itu test yg buat down syndrome bukan Nis? Kebayang paniknya ya. Dulu aku juga gitu, krn teins byk bgt test ina itu yg sll bikin stress.
    Sehat2 terus ya Nis, banyak makan buah dan sayuran, semoga lancar sampai due date-nya😘 Sorry kalo nasehatnya uda kayak nenek2🤓🤓

  7. Itu suwer, panik banget pasti kamu mbak ._. nggak taunya ditelpon cuma nawarin test lanjutan. -_- Disatu sisi agak kesel, disatu sisi pasti bersyukur ya 😀

    sehat selalu, Mbak 🙂

  8. ya ampun… rumah sakit nya bikin panik aja… nyebelin banget ya! udah ngomong sendiri kalo negatif gak ditelpon malah nelpon buat hal lain pula… nyebelin.

    tapi ya positif nya yangn penting hasilnya baik2 aja ya nis… 🙂

  9. Alhamdulillaaah , ikut seneng mba niiis…
    Bacanya deg degan iiih 🙈

    Aamiin semoga lancar sehat sampe lahiran nanti yaaa ❤️❤️

Comments are closed.