Keean’s Birth Story part 1: Decision Decision !!

collage

Hallo semua apa kabar?

Sebulan lebih blog tidak diupdate dikarenakan si anak bayi diperut sudah lahir tepatnya  Agustus bulan lalu yang kita beri nama KEEAN AFTREYA HARSONO panggilanya Keen ( baca: Kin )

Proses Kelahiran Keen kemarin melalui Csec lagi sama seperti melahirkan Bazyl dulu.Bedanya dramanya lebih banyak, lebih traumatis buat gue. dikarenakan diawal sampai beberapa hari sebelum Keen lahir dokter masih menganjurkan persalinan normal ( walaupun sempet sebelumnya dianjurkan Csec dan udah bisa ditentukan tanggalnya ) lalu berubah lagi trus balik lagi jadi Csec  didetik2 kelahiran. Makanya cerita kelahiran ini bakal gue bagi beberapa bagian biar gak kepanjangan ngetiknya dan yang baca gak bikin puyeng 😉

Rutin cek si bayi sebulan sekali di dokter private hasilnya sehat begitu juga ketika dapat jadwal 3 bulan sekali di dokter publik semua juga sehat. tes darah,placenta, anatomi struktur bayi , gula dll semua Alhamdulillah sehat dan normal. walau ada sedikit drama telpon dari pihak rs pemerintah buat gue dan chicco panik setengah mampus , bisa baca ceritanya di SINI.

Intinya kondisi gue secara fisik dan si bayi di perut pasca melewati trimester pertama sehat sehingga dokter menyatakan kalau gue bisa melewati persalinan normal. jujur gue agak deg2an  mengingat riwayat gue yang pernah operasi Csec juga ketika melahirkan Bazyl dan juga operasi laparotomy kista gue dimana operasi ini persis sama seperti Csec ( baca di SINI ) kalau cuma riwayat Csec bazyl aja si gak masalah kan ya karena gue baca2 masih bisa kalau di kehamilan berikutnya buat persalinan normal cuma dengan history gue yang seperti diatas dalam hati paling dalam gue ragu dan takut banget.

Berbekal omongan dokter yang bilang gue pasti bisa dan kuat apalagi pas cek si bayi di kehamilan 7 bulan  dimana posisinya sudah muter ke bawah dan placenta tidak menghalangi jalan lahir  nambah yakin bisa normal yaudahlah pasrah ikutin aja. Makanya waktu itu gue jadi rajin berenang biar mempersiapkan fisik sebaik mungkin jelang persalinan nanti.

Tanggal 15 Juli adalah jadwal gue untuk cek dengan dokter publik. Seperti biasa cek urine, berat badan, tensi dan lain2 lalu tiba waktunya scan si bayi. pas dicek posisi bayi gak berubah tetap dibawah jadi semakin yakin si dokter bilang paling bentaran lagi poisisi kepala udah bisa masuk panggul.Gue cuma disarankan buat tetep rajin olahraga ringan, makan sehat dan istirahat cukup.

Sampai suatu saat tetiba gue ngerasain sakit dibagian perut bawah yang gak biasa..kalau gak salah itu sekitar tanggal 28 juli.awalnya kaya cenat cenut disekitaran bekas operasi dulu lalu makin lama menjalar ke pinggang dan perut gue pikir Braxton hicks karena sebelum2nya gue sering banget ngalamin braxton hicks sampe dokter nyuruh gue istrihat dirumah gak boleh capek2. Tapi kok sakitnya makin kuat dan sakit. akhirnya datang ke klinik dicek dan lain2 . Tapi gak ada bukaan. trus dokter bilang kalau sampai besok masih sakit disuruh datang ke RS ke bagian UGD buat diambil tindakan..dengernya kok ya serem. sampai besok masih sakit akhirnya seperti saran dokter datang lagi ke rs dicek dll si bayi posisi dah dibawah tapi belum masuk panggul gak ada bukaan juga tapi kenapa sakit pikir gue , trus dokter mikir dikarenakan kontraksi dini sehingga menekan bekas luka dalam jaitan operasi dulu. tapi pikir kan dah lama juga ya masa sik sebegitu ngaruhnya..

Dokter akhirnya bilang kalau gue kemungkinan kalau masih sakit dan gak ada pembukaan harus operasi ditakutkan keadaan si bayi makin melemah walaupun pada saat itu kondisi keen masih ok. trus gue disuru pulang ..sembari berharap buat 2-3hr kedepan gak ada kontraksi or rasa sakit lagi. kalau ada rasa sakit gue harus segera ke RS. oke deh…jumat sabtu dan minggu pagi semua fine2 aja sampai minggu sore kembali ngerasain sakit ilang timbul ilang timbul sampai malam sakit makin ada sampai gue ngeremes2 tangan nyokap trus bediri dibantu nyokap dan Chicco buat kekamar.

Akhirnya besok pagi sekitar jam 7 pagi gue ke RS , pagi itu si gak ada rasa apa2 dah ilang aja sakitnya walau disekitaran perut bawah kaya macam sedikit cenat cenut. sesampai di RS langsung dicek suster disuru rebahan dulu dikasur trus abis itu dicek tensi..disini tensi gue rendah (gue lupa berapa) pantesan gue ngerasa pusing dan kleyengan serta sedikit sesak di bagian dada dari semalaman. trus disuru pipis buat cek urine..hasil urine si normal. disuru rebahan lagi beberapa jam kemudian di cek lagi tensi gue masih sama hasilnya rendah dan gue disuru rebahan aja gak boleh kemana2. sempet si sakit datang sebentar tapi gue diem aja gak berani ngomong ke suster males kalau dicek ina itu lagi ;p

Dasar gue gak bisa diem pas chicco ke kantin gue sempet jalan2 disekitaran ruang kamar dan lorong kamar. ngeliatin ibu2 lain ada yang dah siap2 lahiran sembari nahan sakit , ada yang santai ditemein suaminya ada yang kesakitan banget ngeliatnya buat gue lemes akhirnya balik lagi ke kasur. gak lama suster datang ngecek tensi lagi dan sama masih rendah.trus ditanya apa gue ngerasain sakit lagi gak diperut (padahal iya tapi gue bilang gak ) cuma memang gue ngeluh pusing nya itu gak nahan . akhirnya suster kaya nyatet2 apaa gitu trus gak lama ada bidan datang cek2 perut di scan dan di cek denyut jantung si bayi..hasilnya si bayi agak melemah. gue panik dong..trus si bidan cuma bilang suruh tunggu dokter bakal datang sebentar lagi…

sekitar 1/2 jam kemudian dokterpun datang..2 dokter datang buat cek gue. trus dia liat hasil catetan si suter sebelumnya dan cek2 history gue sebelumnya..akhirnya disitu dokter bilang kalau gue gak bisa menjalankan persalinan normal.resikonya takut si bayi kenapa2 dan kondisi gue yang sedikit “lemah” entah maksudnya lemah karena faktor tensi rendah gue atau ada hasil catatan lainya. trus dokter ngasih formulir buat persetujuan Csec yang sebelumnya dokter juga menjelaskan resiko Csec gue kali ini dikarenakan sebelumnya gue pernah Csec dan laparotomy. dengernya kok ya serem yaa :/

akhirnya mau gak mau karena dokter dah bilang gitu trus takutnya resiko ngaruh ke bayi yaudah gue dan Chicco nurut tanda tangan form persetujuan untuk Csec dan gak lama dokter anastesi datang buat ngasih penjelasan tentang proses operasi nanti. sekalian ada form lagi yang harus gue dan chicco tanda tangan. gue jadi mikir kayanya jaman bazyl dulu gak seriweh ini deh.

sedikit info : sembari riwehnya nandatangan segala persetujuan form yang ada , diberita ada pengumuman kalau nanti malam hingga besok di Hongkong akan ada badai besar dan Typoon , diperkirakan sampai Hongkong sekitar jam 11 malam. Di Hongkong ini sebenernya dah biasa masalah badai2an gini..tapi kali ini levelnya Black aka udah amat sangat bahaya sehingga segala kegiatan perkantoran, sekolah dll ditiadakan. untuk akses transportasipun juga dihentikan sementara hanya ada di beberapa wilayah saja. 

Kemudian suster datang ngasih obat buat gue untuk diminum sehabis makan malam dan subuh. lalu gue disuru puasa. trus gue dicek lagi tensi dan diminta cek urine lagi..hasilnya masih sama.tetep rendah  lalu sempet dicek perut untuk mengetahui kontraksi dan detak jantung bayi dan gak lama gue disuruh pulang…

Hah ?!! *seliat2an ama chicco*

“you can go home now ,doctor said  no need to stay here tonight but come again tomorrow to this ward  at 9am, please sign this form “

gue dan chicco bengong

moso iya mau lahiran mana operasi pula besok pagi  tapi malah disuru pulang?? dah mau nangis aja dengernya ..kok gini banget yaa 😦

lalu…

 

 

bersambung………….

 

Advertisements

15 thoughts on “Keean’s Birth Story part 1: Decision Decision !!

  1. huah! nunggu sambungannya temenku yg kemarin baru lahiran juga bilang kalo bekas jaitan dulunya kerasa sakit gitu. Tapi syukurlah semua sehat dan selamat, selamat ya mbak! Welcome to the world, baby Keen!

Comments are closed.