Sistem Sekolah di Hongkong

Udah mayan lama  gue pengen share tentang sistem sekolah di Hongkong ini tapi apa daya gue si emak blogger jadi2an bin angot2an ini suka malas nulis malas mikir malas update trus suka  riweh buat jelasinya. Tapi kali ini gue dah niat semangat 45 untuk nulis ini dan  postinganya  si bakal panjang… so bear with me.

Dari awal kita pindah kesini hal yang kita concern diawal itu adalah mencari sekolah Bazyl karena dari info2 yang didapat dan hasil googling sekolah di HK khusus Expat gak segampang yang dibayangin and its true. kita diawal kesana sini trial beberapa sekolah hasil googling dan rekomendasi tapi kaya gak sreg belum lagi ditambah soal biaya. Ya sebenernya if you got the money  its gonna be easy peasy to get the right school for your kid. Tapi sayangnya buat kita untuk sekolah tidak di cover 100% dari kantor Chicco,jadi kudu muter otak dan cari2 yang sekiranya masuk budget. Bookkk biaya sekolah di HK  itu CRAZY buat private Internationa itu bisa  ngelebihin  biaya rent apt. KZL KZL !!

dan..penjelasan sekolah HK  yang bakal gue tulis disini adalah berdasarkan pengalaman kita selama tinggal di Hongkong dan juga hasil ikutan group ibu2 expat HK dan juga konsul langsung ke kantor  Education Bureau ( yoii seniat itu kitahhh demi dapatin sekolah yang bagus berkualitas tapi juga murah, toh konsultasi ini gratis tis disediakan oleh Pemerintah HK  )

Well, sebenernya si mencari sekolah yang ok kayanya dah impian semua ortu .Ya mungkin bukan hanya di Hongkong ..kecuali kalau tinggal di Finland kali ya yang dimana sistem sekolahnya yang emang terbaik di dunia.

Di Hongkong sekolah itu terbagi menjadi 3 :

  1. Government School aka sekolah publik ( pemerintah )
  2. Subsidized School( half Govt & Half private )
  3. Private Insternational School ( swasta ).

Pilihan dan jenis sekolah di Hongkong ini beragam dengan jumlah yang lumayan banyak. saking banyaknya jadi buat bingung. Primary & Secondary disini itu wajib jatuhnya kalau buat Kindergarten gak , tapi jangan salah biar kata kindergarten gak wajib cuma ini sebagai penentu buat si anak masuk ke primary yang di mau.Udin macam kaya CV shayyyy kecil2 disini kudu punya track record yang ok..kindy dimana, bisa ngomong apa aja? punya skill khusus gak dll. hadehhh kejang2 gue tiap kali baca diskusi group emak2 di HK ini

 

ok, Sekarang kita bahas dulu ya yang Government School aka publik

Untuk sekolah publik ini gratis tis tis dari pemerintah dengan sistem kurikulum Hongkong dengan menggunakan bahasa Canton dan Inggris ( untuk beberapa subject ) sebagai bahasa penghantar disekolah. Standar belajar sekolah di HK itu tinggi , timetablenya mayan padat merayap dengan bermacam2 tugas dan ujian. Mandarin juga sebagai salah satu bahasa wajib untuk di sekolah. Istilahnya disini Trilingual school : Canton – Putonghoa aka Mandarin – Inggris. Untuk proses pendaftaran sekolah ini harus melewati beberapa tahap .pemerintah akan mengumumkan pembukaan buat pendaftaran di tiap tahunya dan juga sekolah ini menggunakan sistem nominasi/poin. gue lupa ada berapa poin seingat gue si sekitar 10 nominasi. Nah si Bazyl cuma dapat 1 nominasi yaitu first born ( disini klo anak pertama selalu mendapat poin lebih ) sisanya ya wasalam bye..gak mungkin keterima si Bazyl. Jadi kita boleh daftar ke sekolah fav yang dimau selama masih dalam satu zona wilayah .

Proses pendaftaran sekolah publik disini itu namanya POA  sistem pertama ( Primary One Admission ) –> isi formulir yang telah disediakan oleh pemerintah –> pilih sekolah yang dimau –> kirim segala dokumen ke sekolah –> menunggu hasil pengumuman.

Nah kalau semisalkan gak keterima maka bisa menggunakan POA sistem alternatif ke dua yang namanya “Central Allocation” –> isi formulir yang telah disediakan pemerintah –> kirim dokumen ke kantor POA –> menunggu jawaban nya biasanya sebulan sebelum sekolah dimulai ,  kisaran Mei – Juni.

school bus, seragam, buku2 dll itu semua gratis tisss tisss.. palingan bayaran cuma untuk biaya kebersihan sekitar HKD$500

 

Subsidized School ini merupakan sekolah yang di dirikan untuk membantu non-chinese speaking children. yang disubsidi oleh pemerintah. Namanya Education School Foundation yang disingkat ESF. ESF merupakan organisasi pendidikan di HK yang menaungi ( ecieeelah bahasanya menaungiii ahahah ) maksudnya memiliki lebih dari 10 Internation school dan institusi pendidikan international lainya. Nah sekolah ini menjadi favorit buat keluarga Expat untuk mendaftarkan anak2 mereka kesini, termasuk kita. Kurikulum yang dipakai adalah  british curriculum & International Baccalaureate (IB)  .Cumaaa masalahnya untuk masuk kesini itu gak gampang !!

Secara teori proses pendaftaranya isi formulir dan selama kita tinggal di satu zona wilayah dengan sekolah tersebut sudah pasti ketrima apalagi sekolah ini di prioritaskan untuk anak2 non-chinese speaking kan. kenyataanya pemirsahhh…antriiii !!! ditambah sekarang banyak Maindland yang juga ikut daftar kesekolah ini dan mereka berani bayar tinggi untuk uang levy tahunan. Trus kriteria ketrima or gak diliat dari background family, academic ( nah ini tadi kaya gue jabarin diatas diliat kindy nya dimana, kegiatan extranya aapa aja dll )

Proses pendaftaranya itu dimulai setahun sebelum si anak masuk –> isi formulir onlen & bayar registrasi melaui cek HKD2000 –> kirim dokumen onlen atau bisa melaui POS ke sekolah yang dimau ( ESF ini juga ada beberapa campus ) –> kalau sukses akan di email atau di tlp untuk proses interview I –> Interview II –> kalau keterima wajib langsung bayar Levy  + deposit + dll . tiap levy anak beda2 tergantung dia masuk di year berapa.

year 1  : HKD$38.000 | year 2  : HKD$36.000 | year 3 : HKD$34.000 | year 4 HKD$32.000 | year 5 HKD$30.000 kurang lebih gambaran bayaran levy segitu sampai year 13 paling murah cuma sebesar HKD$ 3.800. Pokoe semakin besar year nya semakin murah bayarnya dan ini NON- Refundable . jadi kalau misal ditengah jalan si anak pindah or keluar ya wasalammuailaikum semoga iklas lahir batin ma ni duit anggap aja sedekah 🙂

Berlaku juga deposit yang gak akan balik , deposit itu dibayar 1 bulan uang monthly fee. tiap year juga beda2. Kaya Bazyl kemaren itu deposit harus bayar  HKD$10.500.  nah kalau masuk year 2 depositnya malah mahal HKD$16.000.

Oya kalau misalkan gak ketrima boleh masuk ke daftar waiting list naah.

Ini masih mending lhoo bayar deposit cuma sebulan ada beberapa private Int lainya mesti bayar 2x deposit. gilakkk gak si..

untuk school bus juga harus bayar gak gratiss cyiiinnn…KZL kaann dah bayar levy mahal deposit mahal bus juga bayar mahal di HK ini. untuk layanan school bus di HK itu kira2 sebulan kita harus bayar kisaran $1500 – $2000

 

Private International School. sekolah ini murni swasta punya dan banyakkk macam. Kurikulum yang dipakai juga tergantung dari masing2 sekolah tersebut. begitu juga dengan metode mengajarnya. Most International school menggunakan sistem English-based curriculum and tend to be separated into the British, American, Canadian and International Baccalaureate (IB) programs. puyeng ya bok? akupunnnn

disini yang menjadi Fav untuk Int school  itu salah satunya Canadian School  & Hongkong Int School dimana range harganya bisa mencapai HKD$183.000 /year.  tiap Int school ini biasanya punya unggulan kegiatan ektra masing2 kaya canadian school terkenal dengan sekolah soccer nya dan masih banyak lagi lainya . gak apal gue klo dijabarin satu satu disini.

yah biasanya si expat family bakal masukin anak2 mereka either ke ESF ataupun private Int school. yah tergantung si company juga yaa mereka cover 100% pembayaran levy dll  atau gak. kaya Chicco kan kerja di french company bisa aja Bazyl didaftarin ke french int school. cuma masalahnya mereka ini waiting list nya gila2an dan lebih mengutamakan anak2 perancis dulu truss kendala juga di bahasa. klo ada yang bilang..kan gampang anak2 mah cepet nyerap bahasa.yah tiap sekolah punya prioritas dan aturan masing2..lagipula klo ntar ada PR lah gue ama Chicco kagak ngerti yang adin. kan kita berdua gak bisa ngomong perancis. so makanya kita dari awal itu daftar sana sini, masukin ke Kindy yang ok sehingga pas masuk untuk P1 keterima disekolah yang emang kita mau.

Kita diawal itu ikutan group sekolah ina itu biar bisa research sebanyak mungkin jadi jangan sampai salah masuk sekolah secara faktor utama biaya bok mahallll klo dah salah masuk sekolah mau pindah refottt duitnyaaa .trus udah itu dulu waktu Bazyl masih Kindy 2 kita rajin masukin trial class kemana2 ahaha udah itu ampe datangin seminar sekolah Int di HK nanya2, compare harga dll. kenapa kita ribet begini ..ya balik lagi  karena faktor biaya buibu. kalau yang dicover 100% dari kantor yaa alhamdulillah banget lah ini kudu nombok sebagian ahahaha. tapi yaahh di syukurin ajaa. yang penting anak bisa sekolah di sekolah yang kita incar dari awal.

Bazyl sekarang ini sekolah di salah satu ESF school. prosesnya dia itu gak WL selama anak2 lainya . Alhamdulillah si bazyl cuma sebulan nunggunya ahahaha, kita masukin aplikasi trus tetiba dapat email. segala proses interview dll lancar. Senang banget dong kita..mana lokasinya juga ok banget gak nyangka aja. emang rejeki Bazyl ya nak ya..kemaren pas kesekolah bazyl ngobrol2 ama ibu2 dia cerita anaknya kudu WL 2 th..bayangin 2 th pemirsahhhhh. itu bagaikan apaa ya kaya nunggu jodoh gak kunjung datang yg akhirnya datang.

ohya hampir klupaan biar kata Int school tapi tetap bahasa mandarin tetep diajarin di sekolah. karena jaman now mandarin itu penting banget si yess.

aahh kalau ngomongin sekolah di HK ini gak akan pernah abisnya. belum sifat kompetitif para ortu sini yang mengharuskan anak kudu jadi yang terbaik serba bisa ina itu dll. gue kadang jadi keder sendiri. Trus belum kenaikan harga tiap tahun. Kadang gue ama Chicco mikirin itu anak2 yang disekolah top school private bayarnya gimana yaa okelah klo perusahaan yang bayar klo misalkan kaya yang bukan kerja kantoran kira2 usahanya apa yaa ampe hebat bisa bayar masuknya itu levy kisaran HKD$50.000 sendiri ahahaha. puyeenggg

 

 

 

 

 

Advertisements

9 thoughts on “Sistem Sekolah di Hongkong

    • gak ngerti juga si yaa aku Ji ttg first born ini, waktu itu aku tanya mreka cuma bilang poin besar dan bisa buat garansi klo misalkan punya sibling n didaftarin ke sekolah yang sama bakal keterima. Mungkin orang sini beranggapan first born bakal jadi penerus keluarga gitu kali yaa ahahahah mboh lah Ji…. akupun pusiingggggg makan nasi garam

  1. Makasih pencerahannya mbak Nisaaaa… aku bacanya sambil buka kalkulator masa hahaha Ya Allohu Robbi. Kemarin sempet survey (browsing doang sih) buat yang N1 dan Kindy deket rumah aja sudah bikin nyebut dan ngebatin. Baca postingan ini makin nyebuttt ya Allah mudahkanlah rizqi keluarga hamba..aamiiinn. haha. betewee.. sebelum Kindy, Bazyl pake playgroup ga mba Nis? gile ya kalau di Indo mah levy ESF atau private int school segitu udh dapet s1. s1 aja kadang ga gitu gitu amatss.. Kalau gini caranya mari kita les bahasa kanton dan potunghua bersama-samaaa biar bisa masuk public school! #eaaa

    • hikss kezaamm yaa bayaran sekolah non govt school disini dah semacam ladang bisnis aja gitu buat mereka. tapi mau gimanaaa…..dzikiran terus yang ada biar kuat iman bayar2an tiap bulan ama tiap tahun T_T ( salah satu hal yang gak aku suka di HK itu ya ini sekolahnya ahahaha )

      Anyway, Bazyl waktu awal landed di HK pas umur 3 th aku masukin dia playgroup tapi metode montessori karena wkt di Sydney kan dia di nursery gitu jadi pengen buat smooth transition aja ke dia , harusnya si umur segitu dah k1 ya. trus umur 4 langsung aku masukin K2 untung ketrimaaa T_T inipun ada dramanya juga put.

      Btw yang deket rumahmu itu ada PG & kindy Grace Garden kan ya..itu aku sempet lhoo trial Bazyl disitu dulu, cuma aku gak suka fasilitasnya kurang aja. harga masih adorable si.

      klo kamu bingung2 bisa konsultasi gratis ke kantor education berau di Taikoo mall situ kantornya

      • iyakk Grace Garden memang paling lumayan harganya dibanding ICMS montessori di sebelahnya.. padahal naksir ICMS tapi bayarannya yang alhamdulillahirabbilalamin, mana gak dicover pula kalau masih playgroup/ kindy dr kantor hiksssss

  2. Pingback: First Day of (Big) School | Nisa & Chicco

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s