( Resep ) Pampis Manado pedas menggunakan Tuna Kaleng

Beberapa waktu lalu gue kaya orang stress bolak-ik kepasar penasaran nyari Ikan TUNA !! kenapa dodoe nyari Tuna ee ?? karena gue kepengen sangat makan Pampis Ikan manado aka Abon ikan. hasil browsing kalau ikan yang enak kan pake tongkol = Tuna atau Cakalang atau …gue gatau ikan euy jadi hasil terbanyak di internet pada pake tongkol. yowess siapin mental gue cussss ke pasar ikan lokal.Berbekal screenshot gambar Tuna dan bahasa kanton nya.

Tapi sodara sodara ku sebangsa dan setanah air dimana pun kalian berada..gue gagal dong mendapatkan Tuna. udah gue tunjuk2 ke gambar sembari bilang sedikit bahasa Kanton campur Inggris pake sedikit keceplos Indonesia dan berujung kesel. Masaaa malah si Babang Ikan nunjukin Cumi !! entah gue yang terlalu waras atau gue kepinteran atau mata gue siwer..gue tinggal pegi. Bye !!

ya kaleeee dari Tuna ditawarin Cumi sik. tapi man teman mungkin tone gue ngomong Tuna  yang salah dan si babang dengernya beda jadi Cumi lah yang ditunjuk. Entahlah hanya Mba2 TKW yang ngerti…

Akhirnya gue chat ama teman gue yang ahli masak dan dia bilang “pake Tuna kaleng aja Nis, gampang n cepet kalee” disitu gue kaya dapat wahyuuu ..

akhirnyaaa keesokan paginya meluncur ke supermarket beli beberapa kaleng tuna . Triknya disini si Tuna setelah dikeluarin dari kaleng gue oseng dulu biar airnya hilang aka kering jadi hasil akhirnya enakkk dan pas serta gak blenyek.

 

Berikut Bahan2 nya :

3 Tuna Kaleng ukuran Sedang

6 Bawang Putih , 5 Bawang merah

5 Cabe Ijo Besar

8 Cabe kecil merah

5 Daun jeruk ( potong kecil2 )

3 Daun Pandan ( Potong kecil2 )

Daun Bawang secukupnya

1/2 sdt kunyit

1cm lengkuas

Jahe secukupnya ( gue pake sekiranya 2cm jahe kupas )

1/2 Tomat besar aka tomat merah

5 batang serai ambil putihnya ( potong kecil2 )

Lada bubuk secukupnya

Garam & Gula Secukupnya atau sesuai selera

Cara membuatnya:

Pertama2 seperti yang gue bilang diatas gue oseng si Tuna sampai kering aka airnya hilang.

Blnder bahan2 untuk bumbu halusnya : cabe, bawang merah & putih , tomat, jahe. ( kalau gue sengaja gak mau terlalu halus )

Panaskan wajan, masukan si bumbu halus tadi hingga harum lalu masukan daun jeruk, daun pandan, serai, lengkuas, dan kunyit bubuk ( kunyit ini sebenernya optional ya ) Aduk hingga rata dan harum lalu masukan si Tuna. Aduk rata lagi hingga semua meresap sempurna baru tambahkan garam dan gula dan lada.

 

daaannnn tadaaaa jadi deehhh. kalau gue langsung masukin ke kotak semacam glasslock gitu . trus simpan deh dalam kulkas jadi klo mau dimakan ambil dikit2 panasin di wajan . makin dipanasin makin enakkk.

 

Cobain deh gampang dan cepat dan sedap dan dijamin lahir batin enak !!

 

 

Advertisements

8 thoughts on “( Resep ) Pampis Manado pedas menggunakan Tuna Kaleng

Comments are closed.