( Resep ) Martabak Manis Teflon dijamin pasti jadi dan enak

Akhirnya setelah ratusan purnama mencoba membuat martabak manis .. JADI UGAAA sisss !!! dimana yang rasanya sesuai dilidah dan tentunya seperti  ala abang2 martabak di Jakarta doong. *joged2

Entah karena emang gue yang jarang baking or buat kue2 jadinya selalu gagal melulu. kadang si martabaknya gak ngembang lah malah kaya telor dadar or kadang dah ngembang tapi bublenya gak nongol atauuuuu rasanya yang kemanisan pas gula ditabur dan seribu masalah pelik lainya. #hayatilelah

nah beberapa waktu lalu gue liat IG stories nya si mama kece Ayomi , dia buat martabak pas banget bublenya keluar dan gue nodong minta resepnya. pas banget resepnya dia itu gak pake mixer, secara mixer gue sejak pindahan entah ada dimana -____-” dan gampanggg ternyataa.

Udah deg2an takut si adonan gak kluar bubblenya pas diteflon..Alhamdulillah yaaa keluar jugaa. Karena buat martabak manis ini berhasil or gaknya yaa dari si buble itu menurut gue dan juga resep si Ayomi pas di gue karena dia menggunakan takaran sendok bukan berat. maklum gak punya timbangan sis ;p dan juga resepnya sedikit gue modifikasi biar gak terlalu manis. kalau kalian mau liat resep aslinya bisa klik di SINI

Bahan 1 :

7 sdm Tepung terigu — ( gue pakai 6 sdm )

2 sdm Gula pasir — ( 1 sdm gue pake brown sugar )

1/2 sdt Baking powder

1 butir Telur

200 ml Susu cair — ( gue pake 180ml susu dikarena susunya ya tinggal segitu )

Sejumput Garam — ( 1sdt garam )

Bahan 2 :

1/2 sdt Baking soda

1 sdm mentega cair — ( gue pake 1,2 sdm mentega cair )

Taburan :

Gula pasir ( secukupnya atau sesuai selera )

Keju parut

Susu kental manis

Coklat  —— ( gue pakai Ovomaltine  tapi gak kefoto karena ternyata lebih enakan pake keju)

 

Cara pembuatan :

1. Campurkan seluruh bahan 1. Aduk pakai tangan dengan menggunakan pengaduk. (Jangan pakai mixer)

2. Diamkan +-1 jam. Tutup dengan lap bersih. ( gue diemin 1 jam 15 menit mamaaakkk )

3. Campurkan bahan 2 kedalam adonan bahan 1.

4. Diamkan 15 menit. ( gue diemin gak sampai 10 menit )

5. Hangatkan wajan (teflon) dengan ukuran 24 cm. Jangan terlalu panas.

6. Tuang adonan ke wajan dan ratakan sampai ke pinggirannya. Masak dengan api sedang lalu kecil.

7. Setelah terlihat berongga-rongga tabur gula pasir lalu tutup, biar bagian atasnya matang.

8. Setelah matang, oles mentega/margarin.

9. Angkat martabak dan pindahkan dari wajan. Tabur coklat keju dan susu kental manis. Taburan sesuai selera.

10. Belah jadi 2 bagian lalu tumpuk.

11. Oles mentega di setiap permukaan. Setelah itu potong-potong sesuai dengan keinginan.

 

Dan…thats it resepnya..gampang banget kan. selama kalian ikuti tipsnya pasti bakal jadi kok si martabak itu.tentu saja ditambah dengan berdoa ama yang di Atas.

 

 

Advertisements

10 thoughts on “( Resep ) Martabak Manis Teflon dijamin pasti jadi dan enak

  1. Oooh kudu didiemin dulu yak. Pantesan dulu nyoba bikin (ntah pake resep siapa— dah lupa), lgsg hajar aja tuang di teflon. Dan ga terlalu sakses, hehehe. Makasih ya nis.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s