Typhoon Mangkhut…Badai terparah di Hong Kong !!!!!

sumber foto : https://earthobservatory.nasa.gov/images/92741/typhoon-mangkhut

 

Hari Minggu kemarin Hongkong Kedatangan tamu langganan dikala summer yaitu Typhoon . Tapi kali ini Super Typhoon yang datang. Namanya Typhoon Mangkhut  . Menurut pakar kaji cuaca di HK dan sekitar, Mangkhut ini merupakan typhoon terbesar dan terparah kekuatanya. Pemerintah sudah kasih alert aka woro-woro seminggu sebelum si typhoon datang. Di aplikasi Observatory juga sudah ada note kalau si Mangkhut ini di prediksi datang di Weekend. Antara Sabtu – Senin.

Sebelumnya di hari rabu dan kamis juga sudah ada typhoon yang datang tapi gak parah levelnya si cuma kaya kena cipratan doang, berasa cuma ujan ringan dengan angin semriwing dingin. besoknya juga udah panas lagi deh. Nah sebenernya si typhoon Mangkhut ini juga kita di HK gak kena langsung jalur anginya cuma kaya 50-60% dari pusat mata typhoon nya cuma namanya ini super typhoon yang level nya dah paling parah, jadinya tetep aja serem mamak!!!

Sumber : Observatory

Tadinya diprediksi si Mangkhut ini datang di hari Jumat pagi, karena klo diliat dari track nya si emang dia semakin cepat menuju ke arah Hong Kong dan sekitar. gue udah parno banget karena dari hari selasa Chicco kan dinas trus dia balik jumat malam. yang ada pasti pesawat kena cancel trus yang ada pas typhoon datang gue cuma bertigaan doang ama anak2 huhuhuhu…Alhamdulillahnya prediksi salah bergeser jadi weekend dan Chicco bisa tepat waktu pulang kepelukan anak dan istri.

Mangkhut typhoon ini merupakan typhoon dengan kekuatan dasyat dan terparah buat tahun 2018 ini. karena levelnya aja sampai black aka level 10. itu udah level tertinggi buat si typhoon. Sebenernya tahun lalu juga HK kedatangan typhoon Hato ,  level 10 juga tapi jatuhnya dia bukan super typhoon. walaupun aftermathnya ya hancur dimana2. tapi kali ini lebih dasyat.

Beruntung gue tinggal di gedung low rise dan gak begitu banyak pohon2 cuma ya depan kanan kiri belakang gedung yang ada kaca pecah dimana2, furniture beterbangan pulakkk. Ac tetangga pun jatuh suaranya dah serem banget deh. kekhawatiran gue itu klo kaca kita ikutan pecah wasalam deh..secara kaca kamar kita tuh super lebar besar gitu…Alhamdulillah ya Allah apt kita baik2 aja. Cuma daerah kita tinggal sekarang berantakan luluh lantah. pohon ratusan tahun pada tumbang, tiang listrik jatuh dengan kabel berserakan dimana2, beberapa bangunan juga sebagian ancur.

Sehari sebelum Mangkhut datang , Hong Kong itu sumpah panasnya bukan main. kalau gak liat berita dan cek2 app dari Observatory gak kliatan kaya mau badai parah lho.

di hari Sabtu panasnya meleleh deh bo, gue sempet ketemuan ama temen buat ambil stok makanan di playground deket rumah, gilakk jalan kesananya aja astagaaa panasnya dasyat deh.si Bazyl aja yang biasanya cuek ama panas2 ini pengen buru2 cari ruangan adem yang ada AC. akhirnya dia ama temanya main di playground indoor.

trus sorenya kita manfaatin buat family time bentar makan Jco sesuai request Bazyl plus dia kangen ama bapaknya secara Chicco dari minggu lalu kan sibuk banget gak sempet jalan2 ama Bazyl. yaudin kita ke Jco trus afternya kita grocery buat nyetok makanan buat selama typhoon datang. gilak semua abis ludes, buah pada abis, roti2an juga abis..mungkin orang2 juga nyetok kali yaa takut kenapa2 stuck didalam rumah.   tadinya siang itu  cerah ceria, langit warna biru jernih..tetiba jam 5 mendadak suram , gelap mendung gitu. mulai angin berhembus datang pelan2..udah dapat warning di app Observatory prediksi jam 8-9 malam angin makin kencang dan hujan bakal turun.

sekitar jam 8an hujan akhirnya turun juga tapi belum deras cuma angin dah mulai kencang. di Tv dah ada warning status siaga mulai naik jadi T3 dan prediksi semakin naik levelnya after midnight..gue sama Chicco masih gak bisa tidur nungguin pas midnight masih belum ada apa2 cuma hujan makin deras aja si. status hujan pun mulai naik levelnya jadi Amber semakin naik menjadi black ( hujan sangat deras ) akhirnya gue tidur duluan. si Chicco masih belum tidur sembari ngerjain kerjaan. jam 3 kebangun angin mulai riweh diluar ..pagi2 gue bangun diluar gelap banget plus hujan deras. liat di Tv level mulai naik jadi T8. sekitaran jam 10 pagi angin kembali kencang tetiba. diluaran mulai deh beterbangan sampah2, benda2, mulai ada kedengaran suara2 benda2 jatuh, kaca pecah. Semakin siang semakin ganas..level naik jadi T10 dan level juhan jadi Black. dua level itu adalah level tertinggi buat ukuran badai angin topan dan hujan.

Gak bisa tidur siang, setiap ada suara kencang dikit langsung parno kebangun buru2 jauhin kaca.anak2 juga parno. gue parno takut kaca pecah…liat gedung2 depan bagian atasnya mulai kacanya kebuka ketiup angin , wiihh beterbangan semua lah isinya.

kalau kalian penasaran fotonya bisa browsing online aja #typhoonMangkhut. atau bisa cek ke IGS gue @qyusha.

Kemarin sore akhirnya dapat pengumuman dari pemerintah sini maupun sekolah Bazyl kalau seluruh sekolah di Hong kong diliburkan hingga selasa. Jadi hari ini Bazyl libur deh ..*pasrah rumah penuh dengan mobil dan lego berserakan*

Tadi pagi pas kita bangun diluar masih gelap, tapi pas cek berita ternyata level siaga sudah turun yang tadinya T8 menjadi T3, kalau T3 itu berarti perkantoran, bisnis, sekolah dan pusat perbelanjaan maupun yang berkaitan dengan jasa layanan berjalan normal. Jadi sudahlah Chicco pasrah mandi doi ngantor heheheh..itupun dia cerita daerah kita tinggal gada bus maupun tram. karena akses menuju ke area kita tinggal ketutup ama runtuhan pohon dll. Untung dia bisa dapat taxi dan sharing dengan tetangga.

Sekarang sudah jam 12 siang di HK, diluaran masih mendung dengan angin semriwing dan kadang hujan rintik2, gue baru dari bawah beli roti buat anak2, dijalanan masih parah kotornya walau beberapa petugas sudah mulai bebersihan…Chicco udah wanti2 gausa kemana2 karena akses bus dan tram masih stuck. siang nanti rencana mau ajak anak2 ke playground outdoor  aja ( secara anak2 bosen 2hr kekurung dirumah terus dan pasti mereka butuh sesuatu buat menyalurkan energinya ) semoga dah bersih dari reruntuhan pohon dan lainya deh ya.

 

Makasih banyak buat doa dan perhatian teman2 yang sudah kirim Dm Instagram maupun messanger via fb sekedar menanyakan keadaan kita. Alhamdulillah kita baik2 aja .

 

 

Advertisements

7 thoughts on “Typhoon Mangkhut…Badai terparah di Hong Kong !!!!!

  1. Thanks God ya Nis badainya sudah berakhir. Anak-anak klo ga keluar rumah bikin kacau mulu hehe, aku klo lagi males bisa 2 hari kubiarin aja mainan berantakan, klo anaknya ga mau disuruh beresin kubilang aku mau ngisep debu, ntar kuiisep semuanya haha.. ngibrit si Ben beresin mainannya. Emang bener deh mending dibawa keluar main di playground.

    • Iya Mba Nela serem banget kmren… alhamdulillah dah berakhira drama badai. Iya nih mau buru2 aku angkur ke lapangan or playground ajaa biar teriak2 sanaa ampe rumah tidur ahahaha

  2. Alhamdulillaah kalian semua baik-baik saja ya Nis. Gue kemaren sampe speechless pas lihat di IG. Semoga sehat dan selalu diberikan keselamatan ya kita semua.

Comments are closed.